Kisah Raja dan 3 Menterinya

Dari Syech Ali dari Madinah di acara nikmatnya sedekah TPI Selasa 5 Januari 2010

Kisah Raja dan 3 Menterinya.

raja dan 3 menteriDi suatu kerajaan, hiduplah seorang raja dengan menteri-menteri sebagai pembantunya. Pada suatu hari Sang Raja memanggil 3 orang menterinya untuk menghadap langsung dengan Sang Raja. Ketika 3 orang menteri ini menghadap Sang Raja, tiba-tiba Sang Raja memerintahkan ketiga menteri ini untuk mengambil masing-masing sebuah karung yang telah dipersiapkan Sang Raja sebelumnya. Dan ketiga menteri inipun melaksanakan perintah Sang Raja untuk mengambil karung-karung tersebut. Setelah itu Sang Raja kemudian memerintahkan ketiganya untuk pergi membawa karung itu ke kebun kerajaan untuk mengambil buah-buahan yang ada di sana.

Ketiga menteri itupun pergi hendak melaksanakan titah Sang Raja, meskipun begitu ketiga menteri inipun pergi dengan perasaan yang aneh akan titah Sang Raja. Mereka bertanya-tanya dalam diri mereka untuk apa Sang Raja memerintahkan mereka bertiga hanya untuk mengambil buah-buahan yang ada di kebun, padahal menurut mereka, sebenarnya tugas ini bisa saja dilaksanakan oleh petugas kerajaan biasa. Namun ternyata ketiga menteri inipun juga mempunyai pemikiran lain yang berbeda. Menteri 1 berfikir “Ah, ini adalah titah Sang Raja, aku harus melaksanakan titah ini sebaik-baiknya”. Menteri 2 juga berfikir “Ah, Raja ini ada-ada saja, masa seorang menteri diperintahkan untuk mengambil buah-buahan di kebun kerajaan, tapi ya sudah laksanakan saja, daripada Sang Raja marah???” dia fikir. Kemudian menteri 3 berfikir “Dasar raja memang aneh, untuk apa aku mengambil buah-buahan ini, pesuruh kerajaanlah yang seharusnya melakukan tugas ini!!!”

Ketika mereka bertiga ada di kebun, seperti yang mereka pikirkan, menteri pertama kemudian berkeliling kebun kerajaan untuk mencari buah-buah terbaik yang ada di kebun, sang menteri benar-benar memilih buah mana yang harus ia petik untuk Sang Raja. Menteri kedua juga kemudian berkeliling kebun kerajaan, namun bedanya menteri kedua ini mencari buah tanpa dipilih, semua buah yang ada di dekatnya dimasukkan ke dalam karung,baik itu yang matang, mentah maupun yang hampir busuk. Semua itu ia lakukan karena berfikir “yang penting kan saya ambil buah-buahannya”. Dan kemudian menteri ketiga melaksanakan perintah Sang Raja, namun dia melaksanakannya dengan cara Sang Menteri ketiga memenuhi karungnya dengan rumput yang ada di sekitar kebun. Setelah semua menteri itu selesai melaksanakan tugasnya, merekapu segera menghadap Sang Raja.

Dan akhirnya Sang Raja bertemu dengan ketiga menteri itu, namun apa yang terjadi, Sang Raja tanpa banyak bicara memerintahkan para prajuritnya untuk menangkap ketiga menteri ini dan memerintahkan untuk memasukkan ketiganya ke dalam penjara dan memerintahkan untuk tidak memberikan makanan sedikitpun kecuali karung yang mereka bawa masing-masing selama 3 bulan. Dan apa yang terjadi ??? seperti yang dapat kita duga, menteri ketiga meninggal kelaparan ketika dia dipenjara selama hampir 1 bulan karena hanya rumput yang dapat ia makan, sedangkan menteri kedua setelah 3 bulan dipenjara kondisinya sakit parah karena semua buah dengan kualitas seadanya yang dapat ia makan, ia makan buah yang mentah, matang dan juga busuk, dan menteri pertama dapat bertahan hidup dengan sehat selama tiga bulan dengan memakan buah-buahan kualitas terbaik dan terpilih.

Mungkin sedikit hikmah yang dapat kita ambil dari kisah diatas adalah kita dapat mengibaratkan karung itu adalah tempat atau wadah berkumpulan amal kita selama di dunia dan penjara itu adalah kubur atau kehidupan kita setelah mati. Jadi tergantung kita ingin seperti apa kehidupan setelah kita meninggal nanti, apakah bahagia, atau menderita, dan itu semua sudah dapat ditentukan dengan amal apa yang kita perbuat selama di dunia apakah amal kebaikan atau amal keburukan.

Wallahua’lam bisshawaaab.

2 thoughts on “Kisah Raja dan 3 Menterinya

  1. rimbunnn

    hmm… ini pas yang hari apa mas? secara aku ninggal2 tipi mandiin adek dsb.. wkwkwk,,..

    gutt gutt,,, jadi kalo aku ketinggaln episodenya (kek sinetron ae)
    aku baca di sindang ye book,,
    sipp..sipp..

    b^^d

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s