Emulator Router Berbagai Merek

Sebenernya dari dulu udah pengen nulis yang berbau-bau serius ngomongin soal ilmu, dan mungkin sekaranglah saatnya, yah semoga tulisan saya yang satu ini bisa bermanfaat sesuai dengan ekspektasi saya panganan opo maneh iku..

Bismillahirrahmanirahiim…

Router merupakan salah satu perangkat yang biasa digunakan dalam suatu jaringan untuk mengirimkan dan menerima data dari jaringan internal kita.

Menurut mbah wiki sih, router itu adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkanpaket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai Routing.

Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC Address.

Saat ini router yang umumnya digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah router yang juga berfungsi sebagai Access Point atau yang biasa disebut Wireless Access Point-Router. Biasanya router ini memiliki fasilitas wireless connection untuk memudahkan penggunaan Access Point Tersebut.

Di Indonesia ada beberapa merek yang biasa digunakan, diantaranya Linksys, DLink, TPLink, Belkin, Asus dan yang lain. Ada juga router canggih dan handal yang banyak digunakan oleh network engineer handal yaitu mikrotik, namun pada umumnya router yang satu ini tidak memiliki fasilitas wireless yang sudah include di dalamnya.

Untuk dapat belajar mengoprek router-router tersebut memang akan sangat merepotkan kita apabila harus memiliki masing-masing router tersebut hanya untuk coba setting nya. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada website yang menyediakan emulator untuk setting router-router tersebut.

Beberapa websaite yang menyediakan emolator Router berbagai merek.

Website ini merupakan website yang lengkap memuat semua tipe router Linksys termasuk tipe berbagai firmware yang digunakan oleh masing-masing router tersebut. Begitu kita masuk ke website ini, kita tinggal memilih tipe router yang ingin kita coba setting kemudian pilih juga tipe firmware-nya. Dan kita siap untuk meng-oprek router merek yang satu ini.

Seperti halnya website emulator milik Linksys, website ini memuat hampir semua tipe router dengan merek Netgear, namun ada beberapa link yang ketika kita memilihnya yang muncul bukanlah emulator namun hanya sebatas tutorial bagaimana kita lakukan setting pada router tersebut.

Salah satu merek router yang juga sudah mulai banyak penggunanya di Indonesia ini merupakan salah satu router rekomendasi kantor saya biznet, ya katanya sih sudah diuji oleh tim dari kantor ini adalah router yang paling cocok digunakan untuk jenis layanan yang ada di kantor kami. Tapi sayangnya saya sampai tulisan ini dibuat baru menemukan 4 emulator dari masing-masing tipe router D-Link yang saya sebutkan diatas.

Catatan tambahan, Jika nanti pada website tersebut kita diminta untuk memasukkan username dan password, dapat diisi dengan

Username : admin

Password : (kosong/jangan diisi)

Sesuai dengan username dan password default pada semua router D-Link

Sampai saat ini hanya inilah router buatan Apple yang saya tahu dan pernah saya oprek dalemannya, hehehehe. Hmmm, mau komentar apa lagi yak, silahkan langsung coba saja deh, oh ya lupa, sebenarnya untuk router yang satu bukan emulator, tapi lebih ke tutorial. Maaf saya nemunya yang tutorial ini.

Trendnet??? emang ada ya router merek itu, bukannya itu warnet di daerah pulosari yak??? hehehehe maaf produsen Trendnet, tapi jujur, itu yang pertama kali terlintas di pikiran saya begitu mendengar ada router merek Trendnet. Mungkin pemikiran saya timbul karena memang di Indonesia masih belum seterkenal Linksys, D-Link maupun Belkin yak. Tapi berhubung ada emulatornya, jadi apa salahnya kan kita oprek juga router satu ini.

Satu lagi dari mayora, halah, maksudnya satu lagi router yang banyak dipakai di Indonesia kita tercinta ini. Sama juga seperti Linksys maupun router yang lainnya, di website ini juga kita tinggal memilih tipe router TP LInk dan kemudian kita tinggal gunakan emulatornya.

Untuk soal penilaian router mana yang paling bagus, saya sendiri sampai sekarang belum menemukan review router mana yang paling bagus. Tapi apabila kita akan emnggunakan router untuk jaringan kita, sebaiknya memang kita memilih router yang sesuai dengan layanan yang kita ambil dari provider internet kita, jangan sampai kita salah beli, wong layanan kita broadband kok beli ADSL router, ya pastinya router yang kita beli tidak akan bisa dipakai, selalu tanyakan ke provider internet kita, apakah mereka ada rekomendasi untuk router yang bisa kita gunakan. Kemudian jaringan after sales service nya harus ada di sekitar kita, ya masa kita beli router disini tapi kalo rusak harus dibawa ke singapore dulu :hammer: . Yang terakhir menurut saya adalah masalah harga, ya kalau untuk penggunaan pribadi sih memang tidak masalah, namun untuk dunia usaha yang harus selalu menghitung ini dan itu, harga adalah masalah yang penting.

So, selamat mencoba setting router-router itu yak…

Oh iya, kalo ada tulisan saya diatas ada yang salah, silakan dikoreksi ya, insyaALLAH akan saya terima dengan baik.

Wallahua’lambisshowaab

Sumber : google, wikipedia, biznetnetworks, dll

4 thoughts on “Emulator Router Berbagai Merek

  1. agoey

    hhmmmmm….mantab laah mas ucup…
    kapan2 ajarin saya setting routernya dong mas ucup…🙂
    btw, nice info cups…mudah2an bermanfaat buat orang yg membacanya…

    Reply
    1. ncupndut Post author

      jyaaaa…
      harusnya ane yg mintol situ…
      situ biasa pegang router “gede” Cisco dkk nya
      kapan2 ajarin donk mas…
      biar ga muter2 mulu di tingkat retail…
      ^:)^

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s