Hadits Kisah Abdullah Bin Amr dengan Ahli Surga

Hadits Kisah Abdullah Bin Amr dengan Ahli Surga

Suatu hari di sebuah masjid ketika Rasullullah SAW bersama-sama Para Sahabat selesai melaksanakan ibadah sholat, tiba-tiba Bilau bersabda bahwa sebentar lagi akan datang seseorang yang akan dijamin masuk surga oleh ALLAH SWT. Kemudian masuklah seseorang (sebut saja dia Fulan) yang kemudian juga melakukan sholat dan langsung berlalu ketika dia selesai melakukannya.

Keesokan harinya, Rasullullah juga mengatakan hal yang sama, dan kemudian muncul juga seseorang yang sama dengan hari kemarin. Kejadian inipun berulang sampai 3 hari berturut-turut. Sahabat Abdullah bin Amr pun penasaran terhadap amalan apa yang biasa dilakukan oleh si Fulan sehingga Rasullullah pun 3x menyerukan bahwa ia adalah seorang yang dijamin masuk surga.

Rasa penasaran inipun membuat Sahabat Abdullah Bin Amr kemudian mendatangi rumah si Fulan. Ketika Sahabat Abdullah Bin Amr mengetuk pintu Fulan dan dibukakannya pintu itu, Sahabat Abdullah Bin Amr kemudian mengatakan bahwa dirinya saat itu sedang ada sedikit masalah dengan ayahnya dan berjanji tidak ingin menemui ayahnya sampai 3 hari kedepan dan kemudian meminta ijin untuk bisa menginap di rumah si Fulan sampai 3 hari kedepan, dan si Fulan pun mengijinkan Beliau begitu saja untuk menginap di rumahnya tanpa bertanya apaun lagi kepada Sahabat Abdullah Bin Amr.

Selama 3 hari itu Sahabat Abdullah Bin Amr selalu meperhatikan setiap perbuatan si Fulan. Dan Beliaupun tidak menemukan suatu ibadah yang istimewa yang dilakukan oleh Fulan, sholat tahajud pun jarang Fulan lakukan, kecuali Fulan selalu berdzikir ketika tidurnya terganggu di tengah malam dan kemudian mengubah posisi tidurnya, dan inipun dilakukannya setiap fulan bangun tidur.

Setelah 3 hari Beliau menginap di rumah Fulan, sebelum berpamitan pulang akhirnya Sahabat Abdullah Bin Amr menceritakan semuanya kepada Fulan. bahwa sebenarnya Beliau sedang tidak bertengkar dengan ayahnya, dan keadaan baik-baik saja. Beliau juga bercerita bahwa Beliau melakukan ini semua karena ingin tahu ibadah khusus apa yang Fulan lakukan sehingga Rasullullah menjaminnya masuk surga dan Rasullullah katakan hal tersebut sampai 3x. Dan Beliau tidak mendapati Fulan melakukan ibadah khusus apapun selain dzikir tersebut.

Dengan segala kerendahan hatinya fulan kemudian berkata

“Aku memang tidak punya amalan atau ibadah yang istimewa, aku hanya tidak mempunyai rasa benci, iri, dengki kepada semua orang”

Dari Hadits diatas kita kiranya dapat mengambil beberapa intisari yang dapat kita teladani diantaranya

  • Fulan ialah seorang Ahli Masjid

Latar belakang Hadits di atas ialah di sebuah masjid, ini berarti salah satu tanda ahli surga ialah orang-orang yang memakmurkan masjid dengan segala aktifitas ibadah

  • Fulan Selalu Khuznudzon / berbaik sangka

Perbuatan Fulan yang langsung mengijinkan Sahabat Abdullah Bin Amr menginap dirumahnya selama 3 hari tanpa ada rasa curiga sesuai dengan Al-Quran Surat Al Hujurat Ayat 12 yang artinya

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.”

  • Fulan bukan orang yang suka Tajazzuz (mencari-cari tahu)

Ketika mendengar cerita Sahabat Abdullah Bin Amr yang sedang bermasalah dengan ayahnya fulan tidak serta merta menanyakann dengan detail mengenai masalah yang dihadapi, ini adalah salah satu sifat fulan yang tidak suka tajazzuz

  • Fulan selalu bangun dalam keadaan Berdzikir

Dari kebiasaan fulan ini dapat dilihat bahwa Fulan juga merupakan orang yang terbiasa berdzikir dalam setiap perbuatannya

  • Fulan Tidak berkata sesuatu yang sia-sia

Salah satu sifat fulan ialah dia tidak suka banyak berkata sesuatu yang tidak perlu

  • Fulan tidak memiliki sifat benci, iri, dengki kepada orang lain

hal ini seperti yang disampaikannya kepada Sahabat Abdullah Bin Amr

Menurut KH Abdullah Gymnastiar ada 4 jenis hubungan suatu amalan dengan hati manusia

  1. Ketika amal ibadah baik, hati baik ini adalah tingkatan paling baik
  2. Ketika amal ibadah jelek, hati baik adalah tingkatan yang cukup baik karena amal ibadah yang tidak terlalu baik dapat ditutupi dengan segala sifat baik
  3. Ketika amal ibadah baik, hati busuk adalah tingkatan yang jelek karena semua amal ibadah kita dapat tergerus begitu saja oleh hati kita yang busuk
  4. Ketika amal ibadah jelek, hati busuk adalah tingkatan yang paling jelek

 

Disarikan dari majlis Management Qalbu Masjid Bank Indonesia oleh KH. Abdullah Gymnastiar
* jadwal setiap hari Senin minggu terakhir setiap bulan Ba’da Isya – 21.00
* gambar diambil dari sini

9 thoughts on “Hadits Kisah Abdullah Bin Amr dengan Ahli Surga

    1. ncupndut Post author

      iya si, susah emang…
      tp insyaALLAH hadits ini pasti ada hikmahnya buat kita
      kita juga ga harus niru seratus persen kok…
      salah satu contoh, cukup dengan berusaha buat ga su’udzon duluan…
      kita kan, eh salah, aku kan biasanya udah su’udzon duluan ama orang sebelum tau masalah sebenernya…
      kadang kalo temen kita ada yg dateng ke kita sambil nangis butuh tempat buat ngademin ati, n dia cuman crita lagi ada masalah ama cowoknya misalkan, apa yang kita lakukan pertama kali??? (brasa interview masuk vedc..😛 ) biasanya kalo aku si langsung bilang.. “knapa, knapa???” hohoho kepo mode on..
      yaa gimana ya me.. at least semoga bisa bikin kita belajar aja deh, aku yo blum bisa kok kaya gitu🙂

      Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      hehehe.. maaf mbaknya waktu Beliau cerita itu ke kami, Beliau juga ndak cerita si Fulan itu siapa, cuman dijelaskan saja itu adalah salah satu sahabat Nabi

      Tapi menurut saya itu cuman gambaran kok, kita umat Nabi Muhammad juga bisa seperti si Fulan, karena cerita itu mengacu pada seseorang biasa, bukan sahabat Nabi sekelas Khulafaur Rasyidin🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s