Terimakasih Mak Susur

diambil dari http://inspirasibangsa.com/wp-content/uploads/2012/10/0107-makmak-nyirih.jpg

Wanita satu ini bisa jadi adalah nenek terbaik kedua saya, orangnya baik banget, penyayang, masakannya enak, “njawani” sekali, khas banget seorang nenek yang penuh kasih saying sama cucunya. Suminah, itu nama asli beliau, yang jujur saja baru saya tahu hari Sabtu minggu kemarin. Kami, biasa memanggil beliau dengan nama “Mak Susur”. Hampir semua orang di kampong kami memanggil beliau dengan nama itu. Kegemaran beliau yang suka sekali “nyirih”, “nyusur” atau “nginang” membuat semua orang memanggilnya begitu. Daun sirih, kapur, buah pinang, cengkeh biasanya jadi bahan nyusur beliau, dan bahan-bahan itupun memang benar-benar ampuh untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut beliau, terbukti sampai terakhir kali bertemu beliau, giginya masih terlihat putih dan sehat sekali meskipun sudah memasuki usianya yang 89 tahun-an. Oh ya, setahu saya, beliau ini lahir di Madiun tahun 1923, I have no idea about when she exactly was born.

Kenapa saya anggep beliau ini nenek terbaik kedua, karena sebenarnya beliau “hanya”-lah seorang tetangga, tetangga yang dengan baiknya mau mengasuh saya dulu sewaktu kecil. Lho, emang kemana ibu bapaknya kok sampe “dititipin” tetangga?? Waktu itu ibu bapak saya memang sibuk dengan pekerjaan beliau. Bangun tidur saya memang ada di rumah, dimandiin masih sama ibu atau bapak, sarapan, dan ya udah, dititipin sampe sore, balik ke rumah saya udah dalam keadaan bersih abis mandi sore. Enak banget yak ibu bapak, nerima beresss😀 . Seharian itu, selayaknya anak kecil yang belum sekolah, saya bermain apapun, asal masih ada di jangkauan beliau untuk ngasuh kita. Hebatnya lagi, ternyata saya bukan satu-satunya anak yang waktu itu diasuh oleh beliau, ada Mbak Nita, Mas Joni, Dhanny, Deni, Mas Iwan dan beberapa anak yang masih tetangga saya. Pokoknya Alhamdulillah sekali masa kecil saya, saya alami dengan bahagia

Sampai akhirnya kami harus tumbuh beranjak besar dan harus sibuk dengan kegiatan kami masing-masing. Kami harus “dilepas” oleh beliau demi kebaikan kami semua. Eh tapi kegiatan beliau ngasuh anak-anak balita di kampong kami nggak berhenti lho, selalu ada saja anak kecil yang beliau asuh. Regenerasi anak asuh deh kalo boleh pake bahasa kerennya. Disela kegiatan kami masing-masing Alhamdulillah kami masih bisa bersilaturahmi dengan beliau. Saya kurang tau gimana pengalaman temen-temen lain yang juga diasuh oleh beliau ya. Yang jelas kalau saya bertemu dengan beliau di rumahnya, beliau selalu bercerita gimana tingkah saya dulu waktu diasuh oleh beliau.

Beliau bilang kalau saya dulu itu anaknya centil meskipun cowok, setelah mandi dan “dandan” saya selalu nanya ke semua orang yang ada di rumah beliau “Mak,, Mak,, aku wes ngganteng kan?? Aku lho wes adus Mak..” yang gak ngerti bahasa jawa kira-kira artinya saya itu nanya ke semua orang, “Mak,, Mak,, aku udah ganteng bin keren kan Mak?? Kan aku udah mandi Mak..” hehehe bakat centil eike emberan udin keliatan mulai klencess ye cyiinn… #eh #maap #kelepasan😛. Beliau juga bilang beliau itu dulu kuat gendongin saya dari rumah beliau sampai Pasar Krusuk di Mergosono, padahal jarak dari rumah beliau sampai pasar krusuk itu sekitar 500 meter-an, ya jadi  1 km an kalo missal pulang pergi kudu gendong saya. Dan as your information aja, saya udah gendut lho mulai kecil, keliatan kan dari poto saya diatas😛

Belum lagi kalo beliau cerita soal makanan apa aja yang saya suka waktu kecil, #sampesekarangsih😛, cwi mie ayam, sarimie pake telor, tempe mentah, tempe goreng, dan yang paling dahsyat itu adalah sayur tewel (nangka muda) plus sama sambel tempe penyet nya, weeewww ituuuu… enaaak bangeeett… sayur tewel nya ini beda sama gudeg jogja, dia lebih berkuah dan gak terlalu manis kayak gudeg jogja, and sambel tempe penyetnya itu si tempe nggak digoreng kayak yang lain, tapi dikukus.. haduuhh.. mulai netes deh ini iler, hehehe. Dan sebagaimana nenek idaman semua orang, kalau kita sowan ke beliau, beliau ini selalu bilang kalau beliau bangga banget sama kita, sama kesuksesan kita dibidang masing-masing dan pastinya doanya itu lho yang kadang bikin kita nangis gak sadar🙂

Sayangnya Sabtu 10 November 2012 kemarin, hari dimana saya baru tahu nama asli beliau, beliau dipanggil sama ALLAH SWT. Beliau meninggal dunia😦 . Jujur kami sedih banget denger kabar itu, kami bener-bener kehilangan sosok seorang nenek idaman. Salah satu yang bikin saya nyesel adalah, saya gak punya foto bareng beliau, sama sekali. Gimana kalo kangen yak… Tuh kan jadi kangen nih waktu nulis ini..😦

Terimakasih Mak Susur buat semua yang udah Mak lakuin, nggak bisa deh kita susun satu-satu jasa eMak, sekarang yang bisa kami lakukan cuma berdoa buat eMak, semoga ALLAH SWT ngasi semua yang terbaik disana buat Mak Susur. Istirahat yang tenang ya Mak, ALLAH SWT ternyata jauh lebih sayang sama eMak daripada kita semua🙂

Ya ALLAH, semoga Engkau mau menerima semua iman Islamnya,
Ya ALLAH, semoga Engkau mau menerima semua amal baiknya,
Ya ALLAH, semoga Engkau mau memaafkan semua dosa-dosanya,
Ya ALLAH, semoga Engkau mau melapangkan kuburnya,
Ya ALLAH, semoga Engkau memberikan yang terbaik untuknya,
Amin, Amin Ya Robbal Alamin

2 thoughts on “Terimakasih Mak Susur

Leave a Reply

