Finally… One Of My Dream Comes True

3600_10151202233254731_1489979743_n

KA Tawang Alun Malang – Banyuwangi PP

Minggu 18 November 2012, hari itu jadi hari yang berkesan buat saya, di hari itu salah satu impian saya tercapai, Alhamdulillah🙂

awal 2009 itu saya “nemu” temen baru, Suryo Waskito namanya, dia waktu itu masih jadi seorang mahasiswa jurusan Sastra Inggris di salah satu universitas negeri di Malang. Dia adalah salah satu orang yang mengenalkan dunia railfans (sebutan buat orang-orang yang suka dengan kereta api) kepada saya. Diawali dari ketemu di area Stasiun Malang, saling bengong dan seneng karena waktu setiap ada kereta datang di Stasiun Malang, kami segera ngluarin kamera buat abadiin moment itu. Dan sejurus kemudian kami jadi akrab karena kesamaan kami akan kecintaan terhadap kereta api.

Beberapa waktu kemudian dia juga ngenalin saya ke Arif (dia lebih suka dipanggil Rifan), Rifan ini juga ternyata seorang railfans. Beberapa kali mereka kemudian ngajakin saya ke Stasiun, hanya untuk melihat kereta api or kenalan dengan beberapa staff PT. KAI, entah itu masinis, penjaga loket ataupun mekanik lokomotif. Setelah itupun kami mengenal lagi beberapa railfans lain yang tetunya punya hobi yang sama, hobi sama kereta api. saat itu saya juga tahu ternyata juga ada Majalah Kereta Api (MKA), majalah asli Indonesia yang membahas seluk beluk dunia perkeretaapian di Indonesia. Dari sini pertemanan saya dengan beberapa railfans jadi meluas sampai ke railfans di luar Malang.

(Sensor, sensor, sensor😀 ) … sampai akhirnya saya ketemu dengan Anzhar, Rizal dan Mas Sam dari Surabaya, karena kesamaan visi misi kami *ceileeee akhirnya kamipun sepakat coba mendirikan suatu wadah komunitas pecinta kereta api, komunitas yang waktu itu kami inginkan jadi sebuah wadah untuk siapapun yang cinta dan peduli terhadap dunia perkeretaapian di Indonesia tanpa memandang siapa dia, senior, junior, kameranya SLR atau kamera handphone sekalipun.

Ulang Tahun KOMUTER ke-0 20 April 2012 di Sta. Benteng

Ulang Tahun KOMUTER ke-0 20 April 2012 di Sta. Benteng

Jadilah sebuah komunitas baru, KOMUTER NAPI namanya, kami ambil dari singkatan Komunitas Muter-muter Naik Kereta Api, hehehe. Ya, nama yang agak lucu memang, makanya kami disarankan oleh Pak Arifin yang waktu itu jadi Kepala Stasiun Benteng Surabaya untuk mengganti nama dengan nama yang lebih “serius”. Oh iya, FYI, Beliau ini adalah orang pertama dari internal PT. KAI yang mendukung kegiatan kami secara resmi lho. Nah kemudian muncul lah nama KOMUTER (KOmunitas pedUli dan pecinTa kEReta api), hmm.. memang maksa sih sebenernya, tapi ini jadi nama komunitas kami sampai hari ini.

Posko KOMUTER

Posko KOMUTER

Alhamdulillah sampai hari ini KOMUTER masih eksis di dunia perkeretaapian Indonesia. banyak yang nanya juga, ngapain sih sebenernya kegiatan KOMUTER tuh?? Sebenernya ini kegiatan kami tuh di beberapa bidang kalo kami boleh bilang, bidang edukasi, bidang sosial dan adventure. maksudnyaaa?? yup, kami pegen jadi komunitas yang bisa mengedukasikan masyarakat buat juga bisa (paling tidak) menjaga keberadaan kereta api di Indonesia, dan edukasi mengenai ini sudah kami lakukan di kegiatan KOMUTER Goes To Pesantren, kemudian kegiatan Wisata KOMUTER, dimana kami mengajak adek-adek yang masih di bangku TK buat bisa nmenikmati perjalanan menggunakan kereta api plus tentu saja nularin rasa cinta kami terhadap kereta api ke mereka🙂

Our Vision

Our Vision

Di bidang sosial, mulai 2009 kami sudah mengadakan Posko Lebaran dan Liburan di stasiun-stasiun besar di Malang dan Surabaya. Disana kami mendirikan posko informasi untuk penumpang kereta api yang membutuhkan informasi apapun mengenai kereta api nya, dan alhamdulillah kami menjaga kegiatan itu tetap ada sampai sekarang. Selain itu kami juga berkomitmen sampai saat ini, untuk selalu bebersih terlebih dahulu di setiap stasiun sebelum kami memulai kegitan di stasiun tersebut. Untuk adventure nya kami juga akan mengadakan kegiatan KOMUTER Educatour, kegiatan ini kami rancang untuk umum agar bisa lebih mengetahui dunia perkeretaapian di Indonesia, seperti kunjungan ke INKA, ataupun ke Balai Yasa Kereta Api.

Rifan and His Loco :D

Rifan and His Loco😀

Nah di Oktober 2012 kemarin, Masinis (sebutan untuk ketua) kami saat ini Ainan, infokan ke saya kalau dia berencana mengadakan gathering KOMUTER bersama sesama komunitas pecinta kereta api dari Semarang KRDE namanya atau Komunitas Railfans Daop Empat di Malang, dan saya diminta untuk koordinasikan acara ini. Ajakan ini jadi pemicu saya buat coba realisasiin impian saya dulu di KOMUTER sebelum berangkat ke Jakarta. Oh iya saya dulu sempet vakum dari kegiatan KOMUTER di Jawa Timur karena harus pindah ke Jakarta. Dan jujur saya sebenernya merasa bersalah karena saya gagal mengembangkan KOMUTER di Jakarta, perkembangannya tidak bisa sepesat KOMUTER di Jawa Timur, mohon maaf kawan😦 .

Posko KOMUTER di Sta. Malang

Posko KOMUTER di Sta. Malang

Balik maning yak, hehehe, dulu sewaktu saya belum berangkat ke Jakarta dan sedang semangat-semangatnya ngadain kegiatan untuk KOMUTER, saya pengen banget KOMUTER ini dikenal “orang luar”. Maksudnya, selama ini kami selalu ngadain kegiatan di stasiun, entah itu posko, bebersih, atau pameran sekalipun. Ini bikin saya berfikir kegiatan kita agak sempit karena sasarannya adalah memang orang-orang yang terbiasa menggunakan kereta api, para pecinta kereta api (cinta karena terpaksa harus menggunakan kereta api juga sih :P) dan orang-orang itu saja. Saya dulu pengen banget bikin kegiatan KOMUTER di luar stasiun, biar orang-orang awam pun tahu kalau ada “orang-orang aneh” yang cinta dan peduli terhadap dunia perkeretaapian di Indonesia. Dan sayangnya pengenan itu harus ke-pending, i mean bener-bener ke-pending. Saya harus ke Jakarta selama hampir 3 tahun.

KOMUTER Goes To Pesantren

KOMUTER Goes To Pesantren

Dan kabar dari Ainan waktu itu bikin saya semangat lagi buat ngewujudin cita-cita kecil saya itu. Saya, Nico, dan Mas Hanunk coba konsepin gimana maunya acara itu, dan alhamdulillah usulan saya diterima sama semua. Kita mau gathering di pecinta kereta api di kawasan Car Free Day Malang di Jalan Ijen. Memang sih ini bukan yang pertama, temen-temen Edan Sepur Indonesia malah sudah duluan ngadain di Jakarta, dan sukses besar. Tapi ini cita-cita kecil saya, ide ini ada sebelum temen-temen Edan Sepur ngadain acara yang sama, dan ini harus berhasil saya pikir.

Di hari H-nya, Minggu 18 November 2012 alhamdulillah temen-temen dari KRDE datang dengan selamat di Kota Malang. Acara kami mulai persis jam 6 pagi di depan Museum Brawijaya Malang. Beberapa waktu kemudian temen-temen dari RF +444 pun join di acara kita. Alhamdulillah acara sesuai dengan ekspektasi saya, yang dateng banyak, orang-orang awam banyak yang penasaran dan kemudian ngobrol bareng kita dan InsyaALLAH pesan dari kita buat ngajak semua orang buat ngejaga kereta api tetap ada di Indonesia tersampaikan🙂

Gathering Railfans KOMUTER, KRDE, RF +444

Gathering Railfans KOMUTER, KRDE, RF +444

Overall, acara ini bisa saya bilang sukses (semoga semua sependapat, amin). para railfans dari banyak komunitas bisa ngumpul dan guyub, tamu dari temen-temen KRDE juga puas, tidak ada halangan berarti di acara ini dan masih banyak lagi menurut saya yang bisa disyukuri dari acara ini, Alhamdulillah..

Terimakasih buat semua yang support acara ini, KOMUTER, KRDE, RF +444, dan semua yang belum disebutkan di tulisan saya ini🙂

4 thoughts on “Finally… One Of My Dream Comes True

Leave a Reply

