Belajar (jadi) Oemar Bakrie

IMG_20130116_185938

Desember 2012 boss di kantor tempat saya kerja mulai nawarin ke karyawan kantor buat bisa belajar lebih tentang Cloud Computing. Sesuatu yang mungkin jadi sesuatu yang asing buat temen-temen yang backgroundnya bukan IT di kantor, sebenernya saya sendiri sih juga gak ngerti soal Cloud Computing meskipun produk ini sudah mulai dijual di kantor 2 tahun kemaren😛. Program belajar ini barengan sama event kita buat Seminar Nasional tentang Cloud Computing di Universitas Muhammadiyah Malang, kebetulan salah satu pematerinya adalah Pak Stephen Tukimin, Product Development Manager Data Center Biznet Networks.

Sesi training ini berbuah sesuatu yang kudu bikin saya bersyukur banget, ide untuk bisa bikin sharing session ke temen-temen mahasiswa or siswa-siswa SMK. Awalnya saya berfikir ini bagian dari program CSR nya kantor karena kita bisa ngasi ilmu baru ke dunia pendidikan for free. Tapi ternyata program ini bisa juga sebgai alat marketingnya kantor juga, mungkin bukan untuk kepentingan jangka pendek, ini lebih ke kepentingan jangka panjang. Siapa tahu nantinya temen-temen mahasiswa or siswa SMK ini butuh layanan ini dan langsung make produknya kantor karena udah tahu gimana seluk beluknya produk ini. Selain itu ini bisa jadi ajang latihan biar bisa presentasi di depan calon customer. Iya ya, hal ini emang perlu dipelajarin di kantor ini, gimana caranya bisa memaksimalkan suatu program biar bisa jadi bahan marketing kita. Saya jadi inget kata-kata mantan atasan saya yang juga seorang top artis ibukota :p, di kantor ini yang sangat bisa dipelajarin adalah strategi marketingnya, karena dia bilang kantor ini top banget marketing and brandingnya.

IMG_20130115_163143

Oke, akhirnya di Desember itu juga saya coba contact beberapa temen yang ada di beberapa kampus di Malang, jajakin apa program dari kantor ini bisa dijalanin di kampus mereka. Sebenernya saya ini nawarin sambil was-was sih, was-was bisa ga ngisi sharing session nya apa gak :-ss. Saya gak punya pengalaman ngajar sama sekali, udah kebayang aja tuh waktu nawarin program ini, gimana yak kalo materi yang disampein itu gak jelas penyampaiannya, gimana kalo mahasiswa or siswanya pada ngantuk, gimana kalo ice breaker yang saya rancang jadi garing buat mereka, haduuhh banyak was-was an nya deh daripada optimisnya😦. Tapi ya berhubung ini musti dieksekusi programnya, jadinya sok optimis aja waktu nawarinnya, hehehe

Tapi seiring berjalannya waktu ini, gak tau kenapa proses perijinan untuk bisa ngelaksanain program ini di beberapa kampus (gak semuanya ya) jadi ribet, harus ijin sana sini, ya mungkin emang prosedurnya gitu kali ya, cuma agak gimana gitu😀. Akhirnya saya coba tawarin program ini buat bisa dieksekusi di beberapa SMK yang ada di Malang dan alhamdulillah diterima dengan sangat baik. Beberapa guru SMK yang nemuin kami malah bilang ini kesempatan bagus buat para siswa buat bisa memeperluas wawasannya dari sumber kalangan industri langsung. Alhamdulillah.

image

Nah sekarang PR nya adalah, gimana cara nanti ngisi sharing session nya yak biar yang saya bayangin gak kejadian, nah lho.. Hmm, yang kepikiran pertama kali di benak saya adalah materi, apa aja yang kudu di-share-in ke temen-temen SMK nanti, sebenernya Pak Stephen udah ngasi saya slide nya sih, and kalo mau tinggal pake aja sih slidenya. Tapi jadi aneh sih buat saya, kayak “bukan gue banget getooh..” halaaah.. :p. Yaa akhirnya saya mutusin buat bikin sendiri. Dan hasilnya jadi 4 draft berbeda pemirsaahh saking was-was nya ni materi jadi boring n gak asik😦

Nah terus biar gak kaku waktu presentasi nya gimana yak? Waktu itu sih saya bikin sesi latihan bareng temen-temen kantor, terus saya minta mereka biar nge-review presentasi saya, apa yang kurang, apa yang perlu dikoreksi, gimana gaya penyampaian saya dan laennya. Hasilnya, abis lah saya sama temen-temen, dikoreksi sana sini, mulai materi yang berbelit-belit sampe, gaya penyampaian yang kaku banget sampe pemilihan kata-kata di slide yang saya buat, abis dikoreksi, kalo ini event nya ujian skripsi, udah abis kali saya.

IMG_20130111_130836

OK, percobaan kedua, kali ini saya udah revisi materi slide saya, saya udah belajar gimana cara biar nyampeinnya gak kaku, udah nyiapin semua deh dari yang dikoreksi sama temen-temen kantor kemaren. Nah bedanya kali ini saya coba presentasi di depan anak-anak SMK langsung, kebetulan di kantor lagi ada 2 siswa SMK yang lagi magang, so kenapa gak dimanfaatin aja..!? hihihi. Nah ternyata setelah saya coba presentasi di depan mereka, sesuai permintaan saya, mereka malah lebih sadis ngoreksi saya kali ini, mereka bilang masih ngebosenin, kurang banyak video nya dan lain-lain lah ya. Haduuuhh ini rasanya pengen aaarrrgghh.. >_<!

Kali ini gak ada lagi waktu buat latihan presentasi, program sharing session saya dieksekusi besok, ya udah, jadi deh malem itu malem ngelembur buat sempurnain ini itu, bismillah aja deh.

295964_10151178247016253_1123410797_n

Hari pertama, 11 Januari 2013, SMK Telkom Shandy Putra Malang, total audience 36 orang. Deg deg an banget, bakalan kejadian gak nih ketakutan saya :-ss. Sharing session pertama ini alhamdulillah overall berjalan lancar. Beberapa siswa emang ada yang keliatan bosen sih, malah ada yang ngantuk, ngeliat mereka kayak gitu saya rasanya kayak orang yang gak bisa ngapa-ngapain, bukan pengen marah ama mereka tapi lebih mikir gimana caranya mereka bisa nguasain apa yang disampein. Saya cuma ngebayangin aja, gimana ya kalo saya emang bener-bener jadi guru yang harus ngajar pelajaran yang penting buat mereka dan mereka kayak gitu?? Rasa marah n kesel bukan buat mereka yang ngantuk, rasa marah n kesel itu lebih buat saya sendiri yang gak bisa ngasi ilmu ke mereka dengan cara yang gak ngebosenin😦

besar-gedung-pusat-smk-n-5-malang

Yup, hari kedua, 15 Januari 2013, SMK Negeri 5 Malang, total audience lebih dikit dari sebelumnya, 25 orang. Setelah sebelumnya saya dan temen-temen ngasi koreksi disana sini, deg deg an saya alahamdulillah berkurang drastis. Sharing session berjalan jauh lebih lancar dari sebelumnya, temen-temen siswa udah gak ada lagi yang ngantuk (Thank God), cuma satu-dua orang yang keliatan sedikit bosen (apa gara-gara didampingin sama guru mereka ya?? hehehe) dan guru yang ngedampingin saya pun bisa ikutan senyum waktu saya nyisimpin ice breaker dan jokes buat mereka. Intinya dari sharing session ini berjalan lancar banget, alhamdulillah ya ALLAH..🙂

IMG_20130115_163310

Yah, banyak hikmah yang saya dapetin setelah acara sharing session ini berakhir, at least saya jadi lebih pede kalau nantinya harus presentasi cloud di depan calon customer saya, saya jadi lebih nguasain dasar-dasar cloud, saya jadi tahu kalau saya adalah tipe “gur” yang pengen banget jadi sosok yang “asik” buat “murid-murid” saya nantinya dan saya jadi ngerasa jauh lebih ngehargain profesi guru, karena tenyata jadi guru itu gak segampang yang saya pikir.

Saya setuju saya lagu Iwan Fals yang nyeritain tentang seorang guru, ya, Oemar Bakri. DI reff. nya Iwan Fals bilang..

Oemar Bakri… Oemar Bakri pegawai negeri
Oemar Bakri… Oemar Bakri 40 tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbakti memang makan hati
Oemar Bakri… Oemar Bakri banyak ciptakan menteri
Oemar Bakri… Profesor dokter insinyur pun jadi
Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri seperti dikebiri

Kalo saya boleh berharap dan berdoa (dan semoga dikabulkan tentunya) kepada ALLAH SWT, saya pengen sosok guru tetep bisa berbakti kepada negeri, tetep bisa mengabdi dengan ikhlas, tetep bisa ciptain dokter, insinyur maupun mentri tapi gak lagi dikebiri gajinya malah bisa nyamain kesejahteraannya Keluarga Bakrie, amin.

So, semoga guru-guru di Indonesia gak lagi (cuma) jadi Oemar Bakri, tp bisa jadi Oemar Bakrie🙂

10 thoughts on “Belajar (jadi) Oemar Bakrie

  1. zn

    wehhh sekolah terkeren ndek malang rek smk moklet..
    lha iku lapo kok iso onok nikie lauda…??????

    Yo opo bentuke adek kos mokong iku saiki? wkwkwk

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      kerenan sing ngajar tah gus..😛

      arek ble’e iku kan NOC ne b*znet bali gus.. mangkane seneng de’e onok ndek bali.. iso menyalurkan hasratnya setiap saat, iyo gak nik?? hahahahha

      Reply

Leave a Reply

