Baju “Aneh” Imam Syafii RA

2id580

Setiap orang di dunia biasanya mempunyai musuhnya masing-masing, entah itu musuh yang terang-terangan memusuhi dengan cara yang “kasar” ataupun musuh yang memusuhi dengan cara yang halus. Iri, dengki, fitnah dan lainnya. Bahkan Nabi Muhammad SAW sebagai manusia paling sempurna ahlaqnya pun bahkan masih dimusuhi sampai detik ini, 14 abad lebih dari wafatnya Beliau.

Begitu pula dengan Imam Syafii RA, pada masanya pun beliau ini mempunyai musuh, musuh dalam arti kata orang-orang yang tidak menyukai Beliau. Musuh-musuh Beliau inipun seperti yang mempunyai misi ingin membuat Imam Syafii ini marah besar kepada mereka dan kemudian menjatuhkan kemuliaan Beliau melalui hal tersebut. Namun sayangnya usaha mereka ini selalu gagal. Imam Syafii terlanjur dikenal sebagai orang yang sangat sabar dan tidak pernah marah kepada siapapun.

Suatu ketika para musuh Imam Syafii ini ingin membuat Beliau kesal dan mengharap Beliau marah. Waktu itu para musuh ini melihat Beliau sedang datang ke tempat seorang pembuat baju, mereka tahu kedatangan Imam Syafii ini untuk membuat baju kepada tukang jahit ini. Setelah Beliau pergi dari tempat penjahit itu, para musuh ini datang dan kemudian memaksa dengan memberikan uang lebih kepada penjahit untuk melakukan sesuatu yang mereka minta.

Mereka meminta kepada penjahit ini untuk membuat baju Imam Syafii in terlihat aneh dengan membuat lengan kanan bajunya sangat sempit dan membuat lengan kiri bajunya sangat lebar. Karena si penjahit ini sudah diberi uang lebih, maka ia kemudian membuat baju Imam Syafii ini sesuai dengan permintaan musuh Beliau itu. Dan setelah baju itu jadi beberapa hari kemudian, ia lalu mengantarkan baju itu ke rumah Imam Syafii. Sebenarnya ia agak takut kalau-kalau Imam Sayfii akan marah kepadanya.

Tapi ternyata, ketika Imam Syafii tahu bahwa bajunya ini terlihat aneh karena lengan baju kanan terlalu sempit dan lengan baju kiri terlalu lebar, Beliau malah mengucapkan “Jazakumullah khairan katsiran. Wa jazakumullah ahsanal jaza” yang artinya semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik. Si penjahit ini kaget kenapa Imam Syafii malah berterimakasih kepadanya. Kemudian Beliau berkata, “Tahukah engkau wahai penjahit, engkau telah memberiku solusi yang selama ini aku cari-cari jawabannya, kau lihat, lengan baju kananku ini kotor dengan tinta? kau telah memberikanku solusi bagaimana aku tidak lagi mengotori lengan baju kananku dengan tinta akibat menulis kitab-kitabku. Dan juga selama ini aku bingung, bagaimana membawa kitab-kitabku yang banyak itu ketika aku berangkat ke majlisku? dan dengan lengan baju kiriku yang terlalu besar ini aku bisa membawa kitab-kitabku di dalamnya dan membawanya ke majlisku tanpa harus repot membawa tas”

Subhanallah, bagaimana Imam Syafii telah memberikan contoh kepada kita untuk tidak mudah terpancing emosi yang datang kepada kita, begitu pula mencontohkan bagaimana seharusnya kita bisa memandang sesuatu dari sudut pandang yang baik. Semoga kita bisa paling tidak belajar untuk mencontoh ahlaq orang-orang seperti Imam Syafii dan juga tentunya Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah SWT mau memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar

529103_10150887116317504_1997929621_n

Wallahua’lam Bisshowaab

*disampaikan oleh Habib Novel bin Muhammad Al-Aydrus pada acara Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah di Poncokusumo Kabupaten Malang, 9 Maret 2013

One thought on “Baju “Aneh” Imam Syafii RA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s