TopGear, Best Automotive TV Show Ever!!!

image

Cowok itu harus suka otomotif..!!

Pernyataan diatas sebenernya relatif buat semua orang, tapi itu mutlak buat saya. Entah si cowok harus suka motor kek, mobil kek,  truck kek, pesawat kek, kapal laut kek, lokomotif n kereta apinya kek apa aja deh yang penting dia harus suka sama hal-hal yang berhubungan sama mesin. Sama seperti halnya setiap orang yang punya mobil atau motor impiannya masing-masing. Suka atau bahkan terobsesi sama kendaraan yang pengen kita punya (buat saya) sudah cukup menunjukkan kalo dia suka otomotif. Yaah tapi seperti yang saya bilang di awal, it’s depend on people’s point of view.

Nah ada satu acara tentang otomotif dari Inggris, acara ini banyak yang bilang sebagai acara tentang otomotif terbaik di dunia! TopGear! ya, nama acaranya TopGear. Acara yang di tahun 1977 hanya sebuah “conventional motoring magazine show” milik BBC Inggris ini berubah menjadi acara otomotif “besar” yang ditunggu-tunggu pemirsanya di seluruh dunia pada tahun 2002. Konsep acara yang sedikit berubah dari acara otomotif yang gitu-gitu aja menjadi acara otomotif di TV yang menarik lengkap dengan berbagai kelucuan, keberanian dalam me-review sebuah produk sampai ke berbagai tantangan nyleneh ini membuat TopGear menjadi sebuah acara yang luar biasa menurut saya.

Bandingkan dengan acara otomotif sejenisnya, yang hanya menampilkan berbagai review dari mobil-mobil keluaran terbaru lengkap dengan berbagai tips dan trick menjadi acara yang membosankan setelah hadirnya TopGear dengan konsep baru itu. Bayangkan sebuah acara otomotif yang dicap begitu-gitu saja memiliki sebuah lapangan udara bekas militer di Inggris yang disulap menjadi sirkuit mini. Mereka juga melakukan berbagai tes terhadap sebuah atau bahkan lebih tes yang kadang nggak masuk akal. Ada lagi berbagai review jujur nan nylekit terhadap setiap produk yang mereka review, membuat banyak orang suka dengan acara ini.

TopGear Test Track

TopGear Test Track

Ada cerita unik tentang acara ini yang saya alami sendiri. 2012 ketika saya masih jadi Technical Support di Jakarta ada seorang expatriat dari Inggris yang marah-marah karena internetnya mati. Ketika saya datang kesana, untuk sedikit mencairkan suasana saya coba untuk ngobrol dengan si client (tentunya dengan omelan dari client sebagai mukaddimahnya .___.!) begitu saya tahu si client ini dari Inggris, sambil saya troubleshoot kendala yang dialaminya saya coba ajak ngobrol tentang TopGear. Surprisingly si client menanggapi pertanyaan saya dengan sangat antusias. Dia cerita kalau TopGear itu acara wajib no 2 setelah sepak bola di Inggris sana, dan agar rating TopGear ini tetep tinggi, produsernya tidak pernah membuat jadwal tayang TopGear ini bentrok dengan acara favorit lainnya, apalagi sepakbola. Penontonnyapun hampir dari semua kalangan, tua-muda, pria-wanita pasti suka.

Porsche 918 Spyder

Porsche 918 Spyder

 

Cerita lain dari si client ini  dia bilang bahwa salah satu pembawa acaranya, Jeremy Clarkson, sampai pernah di-banned oleh perusahaan sekelas Porsche. Porsche pernah memerintahkan seluruh dealer mobilnya di Eropa untuk tidak menjual produk Porsche manapun kepada Jeremy Clarkson hanya karena Jeremy pernah me-review salah satu produknya dan membeberkan dengan jujur segala kelemahan mobil Porsche nya.

Richard Hammond - Jeremy Clarkson - James May

Richard Hammond – Jeremy Clarkson – James May

Presenternya sendiri ada tiga orang yang menurut saya “gila”. Jeremy Clarkson, kakek tua yang masih doyan ngebut dan paling jago nge-drift. Richard Hammond, si kecil yang suka ber-adventure ria tapi selalu jadi Dono-nya acara ini alias selalu jadi korban kejahilan presenter yang lain. James May, The Captain Slow, presenter yang paling jarang menang kalo diajak balapan sama presenter lainnya dan satu lagi The Stig, seorang pembalap professional yang ditutupi dengan wearpack balap putih dan sama sekali tidak boleh bicara apalagi ngungkapin siapa sebenernya dia kepada publik.

The Stig

The Stig

Mereka juga memprogram berbagai tantangan nyleneh kepada ketiga presenter nya ini disetiap season acaranya.  Mulai dari menjelajah Kutup Utara cuma pake Toyota Hilux, tes gimana caranya nge-hancurin Toyota Hilux sampai gak bisa dipake lagi dan gagal pula (Toyota Hilux dinobatkan jadi Un-Destructible Car sama TopGear). Adalagi jelajah Sungai Nil di Afrika pake Estate Car atau yang biasa orang Indonesia bilang mobil station wagon atau mobil keluarga, jelajah Boliva dengan misi melakukan perjalanan 1000 mil atau sekitar 1600 KM dengan menggunakan mobil 4-wheel drive yang dibeli online. Dan yang paling nyleneh buat saya adalah TopGear Season 12 Episode 8 dimana mereka harus menjelajahi Vietnam pake motor bekas seharga maksimal 15,000,000 Dong Vietnam atau nggak lebih dari 7,500,000 Rupiah, gila nggak tuh. Padahal di episode itu Jeremy Clarkson keliatan banget kalo baru bisa naik motor, hehehe.

TopGear Vietnam Special

TopGear Vietnam Special

Karena kerennya acara ini, akhirnya BBC bikin TopGear versi negara lain, ada TopGear United States mulai 2006, TopGear Australia mulai 2007, TopGear Russia mulai 2008 dan yang paling baru TopGear Korea mulai 2011. Tapi teteup.. yang paling keren menurut saya cuma TopGear UK.

Sedikit Koleksi Saya :P

Sedikit Koleksi Saya😛

Oh iya, TopGear terbaru udah nyampe Season ke-20 lho, untuk sebuah acara otomotif TopGear bener-bener keren. Dan buat yang pengen download Season acara TV terkeren sejagad ini bisa masuk ke forum ini dan silakan ikutin langkah-langkahnya buat download episode terbarunya. Keep Watching!😀

#appendix

One thought on “TopGear, Best Automotive TV Show Ever!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s