Godaan Menjelang Pernikahan

wedding ring

Dari pengalaman dan pandangan terhadap kehidupan yang selama ini saya pelajari *halah manusia tuh bakalan ngadepin beberapa masalah besar dalam hidupnya, Jadi masalah ini semacam test besar dalam kehidupan seorang manusia menurut saya. Nah salah satunya adalah masalah yang dihadapi ketika kita mau menikah. Emang sih saya belum menikah sampai sekarang wooyy, kenapa jadi curhat?? tapi kita kan bisa melihat dan belajar dari pengalaman orang lain, sama halnya kayak pisau, kita gak perlu motong tangan kita sendiri kan buat bisa tau kalo pisau itu alat buat motong sesuatu? hehehe

Katanya sih kalo menjelang pernikahan emang bakalan dateng tuh yang namanya godaan, entah godaan dari internal keluarga kita maupun dari eksternal entah itu yang menyangkut persiapan fisik bahkan sampai godaan prinsip.

Gak Jadi Kawin =D

Gak Jadi Kawin =D

Saya sendiri pernah beberapa kali jadi tempat curhatan temen yang waktu itu mau nikah. Dan entah kenapa di proses mereka menuju pernikahan itu ada aja masalah yang dihadepin. Mulai dari masalah sepele yang ditanggepin terlalu lebay sampai masalah yang bikin mereka memutuskan buat membatalkan pernikahan itu sendiri, yang jelas semua masalahnya biasanya selalu menguras hati, pikiran dan tenaga banget.

Bailout

Bailout

Ada masalah yang menyangkut masalah keuangan. Seorang temen baik ini ketika dia memutuskan untuk menikah, waktu itu dia dalam kondisi keuangan yang tidak terlalu baik, sedangkan calon istrinya ini dari keluarga yang secara adat menuntut berlangsungnya sebuah pernikahan yang mewah. Dan Maha Suci Allah, dia kemudian dipertemukan dengan sebuah perusahaan katering dan EO pernikahan adat yang ternyata si pemilik ini adalah teman dari calon mertua si teman saya ini. Jadilah dia dapet diskon yang cukup besar dan boleh dicicil pula bayarnya. Belum lagi ada teman lamanya yang datang sebelum pernikahan dan kemudian tiba-tiba memberikan sejumlah uang yang katanya untuk membayar hutang yang dulu, padahal teman saya ini nggak inget sama sekali kalau si teman ini punya hutang sama dia. Dan akhirnya pernikahannya pun berlangsung dengan lancar tanpa harus meninggalkan hutang untuk menggelar acaranya itu. Subhanallah

Ada juga masalah yang menyangkut dengan keluarga. Seorang teman yang lain waktu itu melangsungkan pernikahannya dalam keadaan ibu nya yang sedang sakit jantung dan kemudian harus masuk rumah sakit gegara kecapekan menyiapkan acara untuk anak tercintanya. Jadilah, di hari-H pernikahannya, setelah melangsungkan akad nikah di lokasi awal, mereka harus segera pergi ke rumah sakit untuk menjenguk ibunya, dan semua persiapan resepsi yang telah siap, ditinggal begitu saja dan tidak digunakan karena sang pasangan ada di rumah sakit, bukan di kursi pelaminan. Namun subhanallah lagi, sang ibu kemudian berangsur-angsur membaik sampai hari ini.

Penggoda Wanita =P

Penggoda Wanita =P

Ada lagi masalah yang membuat pasangan ini hampir saja membatalkan pernikahan. Cerita seorang teman baik lainnya ini malah yang menurut saya paling miris. Bayangkan saja, di sekitar 2 bulan terakhir sebelum mereka melaksanakan pernikahan, sang pasangan wanita teman saya ini tergoda lelaki lain. Bahkan sang penggoda ini berani menawarkan kepada calon mempelai wanita untuk membatalkan pernikahannya dengan teman ini dan kemudian menjamin seminggu setelah pembatalan pernikahan itu, si penggoda akan melangsungkan pernikahannya dengan sang calon mempelai. Dengan kata lain pernikahan si calon mempelai wanita akan tetap berlangsung tapi dengan orang yang berbeda. Dan parahnya lagi, si calon mempelai wanita ini galau segalau-galaunya dengan tawaran si penggoda. Dan mengatakan kepada teman saya ini kalau dia menyerah untuk mempertahankan si calon mempelai wanita, si calon mempelai wanita ini tidak akan menahannya. Tapi syukur alhamdulillah teman saya ini bisa bertahan sampai hari pernikahannya tiba dan hidup bahagia sampai detik ini dan semoga sampai ajal menjemput keduanya, amin.

Godaan atau cobaan sseperti cerita diatas dan mungkin banyak cerita tragis lainnya di luar sana pasti akan terasa lebih berat 5x lipat bagi yang mengalaminya, apalagi cobaan itu datang menjelang di slaah satu hari terpenting mereka, pernikahan.

Godaan Setan

Godaan Setan

Saya pribadi melihat ini sebagai cobaan/godaan yang harus dan pasti dilewati oleh pasangan yang mau menikah. Sekarang begini, terlepas dari apapun agamanya, pernikahan sendiri adalah satu-satunya cara yang harus ditempuh untuk meng-halal-kan hubungan antar laki-laki dan perempuan. Setelah pernikahan dilangsungkan, semua perbuatan yang dilarang oleh agama menyangkut hubungan antara lelaki dan wanita menjadi halal. Bahkan dalam Islam pernikahan merupakan sarana untuk melengkapi iman kita, sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits

Shahabat Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu berkata: “Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفَ اْلإِيْمَانِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِى.

“Barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh imannya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi.”

Pernikahan adalah fitrah manusia, maka dari itu Islam menganjurkan untuk menikah karena nikah merupakan gharizah insaniyyah (naluri kemanusiaan). Apabila gharizah (naluri) ini tidak dipenuhi dengan jalan yang sah, yaitu pernikahan, maka ia akan mencari jalan-jalan syaitan yang menjerumuskan manusia ke lembah hitam.

Nah dengan keistimewaan-keistimewaan pernikahan itu, ya pasti syaitan nggak bakalan rela lah kalo manusia melangsungkan pernikahan. Syaitan sendiri kan mempunyai misi untuk menjerumuskan manusia ke dalam neraka. Kalo perlu syaitan akan membuat manusia tetap di jalan maksiat dengan menggoda manusia sampai pernikahan itu tidak pernah berlangsung.

Halal :D

Halal😀

So, kalau kita mengalami berbagai cobaan sebelum melakukan pernikahan, niatkanlah untuk menjalani pernikahan sebagai suatu proses ibadah dan maka mintalah pertolongan kepada Allah SWT untuk dapat menguatkan semuanya, memperlancar semua proses dan sadari semua ini hanya godaan yang datangnya dari syaitan. Dengan menyadari darimana datangnya semua godaan itu, Insha Allah akan membuat semua pihak baik kedua calon mempelai, keluarga bahkan penggoda sekalipun akan menjadi lebih kuat dalam menghadapinya.

Dan juga selalu yakin kalo Allah SWT pasti bantuin kita. Kan kita lagi ngejalanin ibadah sunnah dari Nabi Muhammad SAW, ya masa kita udah taat ama perintah Rasul-NYA malah Allah SWT ga mau bantuin kita.. Allah SWT pasti bantuin kita.

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan untuk menghadapi semua godaan dari syaitan, amin.

Last, kapan ya giliran saya… huehuehuehue… :p

5 thoughts on “Godaan Menjelang Pernikahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s