Protes Tepat Sasaran

Image

Protest!

Kita khususnya saya pribadi sebagai masyarakat awam biasanya secara refleks suka men-kritik atau memprotes sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita, salah satu contohnya ialah men-kritik kebijakan pemrintah dan atau apapun yang berkaitan dengan pemerintah. men-kritik kebijakan menaikkan harga BBM lah, men-kritik kenaikan tarif PLN lah, men-kritik kebijakan PT. KAI yang membatasi jumlah penumpang dalam satu kereta dan lain sebagainya.

Sebenernya sah-sah saja kita protes terhadap sesuatu yang membuat kita semua atau sebagian dari kita tidak nyaman. Namun ada baiknya juga jika kita bisa belajar dari sesuatu yang kita protes itu dengan lebih mengetahui kenapa kebijakan tersebut harus diambil agar protes kita bisa lebih tepat sasaran.

Menurut saya ada 3 hal yang harus kita ketahui sebelum kita memprotes suatu masalah, 3 hal itu adalah:

1. Faktor Teknis
2. Faktor Dana
3. Faktor Landasan Hukum

Mari kita ambil contoh kasus “Tidak Meratanya Biaya Pendidikan di Indonesia” kita biasanya selalu protes mengenai mahalnya dan tidak meratanya biaya pendidikan di Indonesia dan menginginkan turunnya harga pendidikan (kalau bisa malah gratis) karena begitulah idealnya kan, tapi tidak semua dari kita yang memikirkan apakah pendapat kita itu benar-benar bisa diterapkan oleh pemerintah.

Protest Sign!

Protest Sign!

Dari sisi teknis sendiri, bisa nggak sih biaya pendidikan di Indonesia itu merata dan jumlahnya sama di seluruh Indonesia?? Saya sih berpendapat BISA! Tapi yang harus disadari adalah kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan yang sangat besar ini menyulitkan kita untuk bisa membuat harga-harga kebutuhan pokok untuk menyelenggarakan pendidikan itu murah. Tersentralisirnya lokasi industri di Pulau Jawa membuat harga produknya akan berbeda antara di Pulau Jawa sendiri dengan di Pulau Sulawesi karena biaya transportasi yang berbeda yang harus ditanggung oleh industri.

Kemudian dari sisi dana, dari kasus kondisi geografis Indonesia diatas, kita harus melihat juga dana APBN kita apakah bisa menutup selisih biaya harga bahan pokok atau tidak, kalaupun ada dana untuk itu, apakah pemerintah akan selalu mampu menutup selisih harga tersebut setiap tahunnya? Pemerintah juga akan berfikir bagaimana caranya dana untuk itu tidak terus keluar selamanya. Mungkin salah satu caranya adalah dengan membangun infrastruktur penghubung Indonesia yang luar biasa besar, tapi kembali lagi ke kasus awal, apakah ada dana yang cukup untuk pemerintah bisa  melaksanakan usulan pembangunan itu??? Nah lhoo..

OK, yang terakhir adalah apabila 2 faktor diatas bisa dipenuhi, apakah usulan kita mengenai penurunan biaya pendidikan itu sudah sesuai dengan peraturan perundang-undagan di Indonesia??? Kalau untuk contoh kasus diatas sih saya yakin sesuai dengan peraturan perunang-undangan kita. Tapi kalo kasus lain bagaimana???

Nah kalo kita sudah tahu tentang 3 ha diatas paling nggak kita jadi lebih ngerti tentang penyebab kebijakan itu turun, dan juga kita jadi lebih bisa memberikan usulan atau bahkan solusi yang lebih tepat tentang permasalahan yang terjadi itu. Dan satu hal lain yang nggak kalah penting adalah kita jadi tahu “sasaran” protes kita. Apakah ke pihak eksekutif kita yang tidak bisa melaksanakan pekerjaannya, atau legislatif kita yang harus “memperbaiki” peraturan perundang-undangan mereka, atau memang kondisi dana dan teknis kita yang tidak memungkinkan untuk bisa memperbaiki masalah yang ada?

Semoga kita bisa lebih bijak dengan protes kita

*sebuah tulisan untuk diri saya sendiri agar lebih bijak dalam melakukan protes🙂

One thought on “Protes Tepat Sasaran

  1. teifeng

    sama lah kasus kenaikan BBM, mengapa yang diprotes itu selalu Pertamina padahal yang buat aturan naik ato nggak itu pemerintah ama DPR … pasti ketika ada kenaikan BBM ada aja kasus mobil tangki di tahan, kantor Pertamina didemo … kantor kementerian ESDM sepi … tanya kenapa

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s