Indahnya Istri Yang Cerewet

image200905231647

Dikisahkan ada seorang lelaki yang saat itu berlari sangat kencang sangat terburu-buru menuju ke rumah Khalifah Umar bin Khattab RA. Si lelaki ini ingin mengadukan istrinya yang selalu cerewet kepadanya sehingga ia tidak tahan dan berkeinginan mengadukannya kepada Khalifah Umar RA.

Betapa kagetnya ketika lelaki ini ketika tiba di rumah Khalifah Umar RA, belum ia mengetuk pintu dan mengucapkan salam ia mendengar istri Khalifah Umar RA juga sedang mengomeli Khalifah Umar RA, bahkan ternyata istri Khalifah Umar RA lebih cerewet dari istri si lelaki itu, namun Khalifah Umar RA sendiri malah hanya diam tanpa berkata sepatah kata pun. Akhirnya lelaki itu mengurungkan niatnya, batal melaporkan istrinya kepada Khalifah Umar RA.

Ternyata Khalifah Umar RA hanya diam ketika diomeli istrinya karena beliau tahu bahwa sesungguhnya ada 5 keindahan dibalik cerewetnya seorang istri.

1. Benteng Penjaga Api Neraka
Salah satu kelemahan laki-laki adalah matanya. Jika seorang tidak dapat menundukkan pandangannya, ia akan mudah sekali digoda oleh setan. Dan akhirnya bisa melakukan apa saja demi melampiaskan syahwatnya.
Dan seorang istri dapat menundukkan pandangan suaminya untuk menyadarkan bahwa ada dia sebagai yang halal bagi suaminya.

2. Pemelihara Rumah
Terkadang tanpa disadari, seorang suami selalu mengeluh karena ia capek sudah bekerja dari pagi sampai petang dan mengatakan itu kepada istrinya ketika tiba di rumah. Padahal ketika para suami berangkat bekerja, istri kita tidak hanya tinggal diam di rumah, seorang istri melanjutkan pekerjaan untuk menjaga rumahnya agar selalu nyaman untuk ditinggali, selalu menjadi tempat yang nyaman ketika suaminya pulang rumah. Bahkan secaa fiqih sebenarnya jika seorang istri meminta upah kepada suaminya atas jasanya memelihaa rumah, sang suami wajib memberikannya. Namun atas dasar ketaatan seorang istri, mereka akan selalu melakukannya dengan ikhlas tanpa pamrih

3. Penjaga Penampilan
Umumnya laki-laki kurang bisa menjaga penampilannya. Kulit legam tapi memakai pakaian berwarna gelap, tubuh tambun tapi suka memakai pakaian bermotif polka-dot, suka memakai atasan dan bawahan yang tidak sepadan dan lainnya. Tapi beruntunglah suami karena ada seorang istri yang selalu menjadi fashion police bagi suaminya. Bersabarlah ketika istri cerewet dengan itu karena ia hanya tidak ingin suaminya berpenampilan tidak menarik.

Fashion Police

Fashion Police

4. Pengasuh Anak
Seorang ibu itu adalah pendidik utama bagi seorang anak. Ayah yang bekerja dari pagi sampai petang yang terkadang tidak sempat melihat anaknya bermain dan belajar karena berangkat ketika si anak masih tidur dan pulang ketika si anak sudah tidur tidak akan bisa secara maksimal dalam mendidik anak. Begitu pula dengan sekolah yang mungkin tidak bisa penuh mendidik 100% anak didiknya karena yang dididik bukan hanya anak kita.
Seorang ibu lah yang mengasuh anak sepanjang hari akan menjadi role model utama seorang anak, dan tidak adilnya kita sebagai seorang suami ketika pertumbuhan anak kita tidak baik maka suami akan menyalahkan istrinya tapi ketika sang anak berprestasi maka suami akan maju terlebih dahulu untuk membanggakan bahwa dia adalah anaknya.

5. Penyedia Hidangan
Pulang bekerja, suami yang memikul lelah di badan pasti membutuhkan asupan untuk mengembalikan energinya. Beruntungnya seorang suami, ketika ia pulang bekerja di meja makan pasti sudah terhidang makanan yang disukainya. Suami tidak perlu memotong sayuran, mengolah bumbu, memotong cabe dan bawang. Tidak perlu pula repot memikirkan berapa takaran bumbu yang diperlukan agar makananya sedap dilidah. Yang suami tahu hanya makan, itupun terkadang dengan jumlah berlebihan menyisakan sedikit untuk sang juru masak, istrinya sendiri.

Cooking Mama

Cooking Mama

Dengan mengingat 5 hal ini, Khalifah Umar RA hanya diam ketika beliau diomeli. Beliau hanya mengingat kebaikan istrinya untuk menutupi segala cela dan kekurangannya. Bila istrinya sudah puas menumpahkan kekesalannya, barulah Khalifah Umar RA menasehati istri beliau dengan cara yang baik dan diselingi dengan sedikit bercanda untuk menjaga perasaan istrinya. Dan akhirnya Khalifah Umar RA bukan hanya berhasil menjadi pemimpin besar bagi umatnya namun juga bisa menjadi imam idaman bagi keluarganya.

*disarikan dari salah satu artikel di Tabloid Media Ummat Edisi Ramadhan 1434H

One thought on “Indahnya Istri Yang Cerewet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s