3 Penyakit Honda Tiger

The Legend!

The Legend!

Honda Tiger 2000 adalah salah satu varian motor jenis sport yang bisa dikatakan jadi legenda di Indonesia. Di awal kemunculannya di tahun 1994, motor yang satu ini “melambung tinggi”, para bikers melihatnya bagai moge yang harus dimiliki kalau pengen naekin kesan macho. Dengan basis mesin CB yang di bore up, legenda satu ini bener-bener jadi simbol cowok macho saat itu, sampai sekarang Club Honda Tiger 2000 menjadi salah satu club terbanyak di Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) sendiri sudah melakukan 3x facelift untuk membuat motor ini jadi terlihat lebih update secara desain, namun sayangnya masih menggunakan mesin yang sama 😦

Saya sendiri adalah penggemar berat motor ini, dan dulu sempat punya angan-angan pengen punya motor ini dan make buat mudik dari Malang – Tasikmalaya, dan alhamdulillah terwujud di tahun 2003. Dengan motor ini saya sudah 4x touring Malang – Tasikmalaya – Malang dan 3x Jakarta – Tasikmalaya – Jakarta, and that is incredible!!!

Namun sayangnya motor ini terkenal dengan 3 “penyakit” utamanya yang nggak habis-habis.

1. Onderdil yang harganya selangit (entah itu karena memang barangnya berkualitas atau…)
2. Gear Set yang sangat berisik
3. Tangki yang gampang bocor

Motor Tiger pertama saya adalah Tiger tahun 2001 terus kemudian ganti dengan Tiger tahun 2007, dan saya sudah ngalamin 3 penyakit itu di Tiger pertama saya, dan herannya penyakit itu juga nular ke Tiger kedua saya, padahal beda 6 tahun lho. Onderdilnya itu lhoo, muahal banget! Bayangin aja nih bohlam lampu depan Tiger terakhir saya beli ada di harga IDR 117.000, padahal bohlam motor sejenis ada di kisaran IDR 25.000 – 50.000 aja >_<!

SiTi 2001

SiTi 2001

Penyakit lainnya adalah Gear Set yang berisik banget, entah kenapa motor ini gear set-nya seberisik itu. Saya pernah baca di salah satu tabloid otomotif nasional, infonya rantai Tiger ini jenisnya adalah 520, sejenis dan seukuran dengan rantai forklift..!!! Dan kembali ke penyakit sebelumnya, gear set ini kalau kita mau beli yang orsinil sekarang seharga sekitar IDR 800.000. hafuuuh -___-!! Tapi saya juga pernah dapet tips dari banyak mekanik bengkel motor, penyakit gear set yang berisik ini bisa hilang dengan mengganti gear set nya dengan gear set milik Honda Mega Pro, selain lebih murah, komposisi dan ukuran gear set nya membuat tarikan motor jadi lebih enteng. Tapi sayangnya tips ini gak bisa diaplikasikan di motor yang pengendara sehari-harinya ialah orang yang berbadan gemuk.. #maneeeehh T_T

SiTi 2007

SiTi 2007

Dan yang paling bikin geregetan adalah tangki bahan bakarnya yang gampang sekali bocor. Bisa ditandai nih, kalau Tiger kita udah berumur 5 tahun, so siap-siap bakalan muncul penyakit diseputaran tangki, tepatnya tangki yang bocor. Kemudian kebanyakan orang akan cepet-cepet  nyopot tangkinya dan membawanya ke tukang las tangki. Dan bisa saya pastikan dia akan kembali lagi ke tukang las tangki karena akan muncul kebocoran di titik lain lagi. Dan kalo udah kesel bakalan cepet-cepet ganti tangki, fyi aja nih, harga tangki baru ada di sekitaran IDR 400.000 – IDR 500.000. Lebih parah lagi buat bikers yang beraliran orsinil, bakalan susah cari  dan nempelin stiker tangki yang orisinil.

Bocooor Bocooor.. >_<!

Bocooor Bocooor.. >_<!

DI kalangan blogger motor sebenernya sudah beredar kabar bahwa AHM akan membuat versi baru dari Honda Tiger di tahun 2014. Karena AHM sendiri mempunyai target untuk meng-injeksi-kan semua line up motornya paling lambat 2014. Yah semoga saja AHM gak cuman meng-injeksi-kan Tiger, tapi juga bisa memperbaiki kualitas produknya, syukur-syukur bisa revisi total dengan masang monoshock dan upside down untuk suspensinya, bore up mesinnya ke 250cc plus cakepin lagi desainnya, hehehe, ngimpi dikit boleh kaaan..

Coba Tiger kaya gini.. #daydreaming

Coba Tiger kaya gini.. #daydreaming

Oke, next post Insha Allah saya akan coba bahas tips dan trik memperbaiki tangki Tiger yang bocor, semoga bisa bermanfaat bagi semua

tautan link :
iwanbanaran.com

85 thoughts on “3 Penyakit Honda Tiger

    1. Penguna revo 2007

      Tiger revo 2014 sdh tdk diproduksi lg dan tdk ada model pengantinya, Astra bilang suku cadang dijamin sampai 7 tahun kedepan ( sumber tabloid otomotif edisi maret 2014)

      Reply
  1. Pingback: Tips dan Trik Memperbaiki Tangki Honda Tiger Yang Bocor | Muhamad Yoesuf

  2. Yanelev Pattinasarany

    Bener Banget Thuuu!!!! Ternyata Yang Di alami Bang MY, Saya Juga alami, Apalagi Kami Di papua, Hargaspare Partnya bisa 3 x lipat eeeuuuyyy

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      hah??? beneran bang?? ane yang di jawa aja udah klenger liat harga parts nya sitigor, disana malah 3x lipet… #hamsyooong

      oh iya kemaren baru survey harga tangki sitigor sekarang kena di harga 700rb an, harga jawa tentunya #nohope

      salam kenal dari saudara di jawa bang 🙂

      Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Hahahaha santay gan, ane dulu juga ngidam banget punya sitigor waktu kecil n alhamdulillah keturutan sama kayak agan 😀

      yah mungkin ini jadi warning ajah gan, sapa tau kalo sitigor agan lebih dirawat bisa jauh lebih awet drpd punya kita kita hehehe

      Pokoke jangan telat ngasi oli rantai, jangan pake bensin eceran pinggir jalan n kalo cuci motor ati2 area tutup tangki plus sambungan las di bawah tangki sekitaran kran bensin yang biasanya suka lupa dikeringin dari air sisa cuci motor

      Semoga membantu 🙂

      Reply
  3. condrex

    om… curhat ni..
    ane punya belalang tempur (tiger silver thn 1997)
    alhamdulillah mpe skg penyakit masalah tangki bocor blm pernah ane alami.. pdhl jg thn 2004 pernah jatuh (ambruk) n sedikit penyok di tangki, n mpe skg msh tu penyoknya..
    yg ane pusing skg penyakit rantai… 3thn yg lalu ane terakhir ganti rante dgn harga 700rb, skg ud waktunya ganti (sering los, n ud mentok stelanya rante) ane td tanya di deler resmi honda ud mpe 850rb, huft….. alhasil ane terpaksa pasang stasioner rante (asesosris) biar g sering los tp berisik pasti… lumayan lah itung2 tunggu rapelan gaji..
    *tanya nih.. aman g si pake stasioner rante..??

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Woooohh keren tuh gan thn 1997 ampe sekarang nggak bocor tuh tangki, apa gara2 produksi tahun2 awal yak??? Tp salut gan kl ampe 17taunan ga bocor..

      Kalo stasioner sih katanya emang bantu bikin rante lebih awet, tp kl bs jgn beli stasioner yg variasi lokal, cari yang bagusan dikit, trus maaf nih sebelumnya, agan badannya gede ga? (Soale badan ane termasuk yg gede bin lemu) kalo badan agan normal coba ganti rante, sproket depan belakang pake punya mega pro ajah, katanya lebih awet n tarikan jd agak enteng, tp ga berlaku buat ane yg badannya lemu gini, malah ga naril n cepet rusak katanya, lumayan kan klo rante ama gear set nya mega pro mah jauh lebih murH dibanding sitigor kita,

      Semoga membantu 🙂

      Reply
  4. pur

    ane punya tahun 2007 –biasa gan Tangki bocor yang bikin mumet…tapi klo rantai ane pakai set-indopart lumayan awet gan..harga terjangkau Rp. 200rebuan….

    Reply
  5. ade danu

    emang sih gan kadang bikin kesel klo udh bcor tangki bkin puyeng soalnya mau make jg jd ribet! tp klo gearset ane pke winner dan alhmdulilah awet banget, dlu wktu gnti sktr tahun 2008an tp ampe skrg blum prnah ganti pdhl udh dpke touring brapa kali cmn kalo rantenya sih udh brapa kali ganti. heheheheh

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Weehh manteb tuh gan, tp (maaf kalau menyinggung) kl boleh tau agan badannya ukuran org normal atau… Soalnya ane badannya ukuran anak kingkong gan, jd fast moving parts kaya gt lebih sering ganti 😦

      Reply
  6. sony

    gan saya mau naya ne….body tiger 2008 cocok ga ama yg tiger 2001…?trus kalau pake mono shok apa efek samping nya….???makasih gan..

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Kalo cocok plek si kurang tau gan, cuma emang sering liat sitigor 2001 di facelift pake body 2008an, tp tiger ane dulu taun 2002 di facelift pake body 2005 nempel plek gan, nggak ganti or nambah mur baut 1pun,
      Trua kalo ganti monoshock apa efeknya juga kurang tau persis gan, ane aliran standart harian soalnya gan, cuma brani maen aksesoris doank, hehehe
      mungkin agan lain bisa bantu jawab?

      Oh iya fyi ajah, AHM tuh pabrik yang hobi pake cara general parts buat neken cost produksinya serendah mungkin, ex: mesin astrea prima ama gen supra x 100cc sama plek gan, tiger mulai 1994 ampe sekarang ga ada perubahan berarti setau ane, cuma maen facelift body ajah, trus skutik yg sekarang juga gt.. CMIIW

      Reply
  7. yoga

    coba gue bantu jawab gan, untuk tiger 2000 ( Body lama) tidak sama dengan tiger Revo yang dimana, bodi nya beda gan dudukan baut dll, harus ke tukang las untuk menata ulang gan.

    Reply
  8. teguh iman

    ane baru beli tiger th. 2009, dapet beli bekas si,, eh tangkinya bocor, 😦 tpi di tambal sendiri aja pake lem besi yg oplosan (hitam putih) alhasil sebulan ini belum bocor lg. semoga si jangan. 🙂
    mau tanya sama kakanda bro yusuf yg kliatannya udah pengalaman? perawatan sitigor baiknya gimana? contohnya pake oli apa? terus harus servis cuneup rutinnya berapa bulan sekali? hehe..
    thanks sebelumnya..

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      weleh pake kakanda segala.. >.<!

      pas tuh gan udah 5 taun, emang waktunya bocor, kan bikinnya dari kaleng susu kalo kata bokap ane hahaha

      update terakhir, tangki ane akhirnya bocor lagi gan setelah bertahan 5 bulan-an pake lem besi itu, dan akhirnya kudu beli tangki baru yang sekarang harganya 700rb an tanpa sticker striping 😦 #ampooon

      wah ane mah aliran standart gan, jadi ya mesin ga ane apa2in, rajin2 ganti oli aja, ane pake shell ax7, trus kalo menurut ane rajin2 juga bersiin dan ngasi oli ke rantai nya, rawan banget tuh soalnya, plus katanya juga usahain 3-6 bulan sekali nguras tangkinya juga

      ane sih dulu mampir ahass tuh 3-5 bulan sekali sih gan, tergantung kondisi dompet, hehehe

      Reply
  9. teguh iman

    semoga si tangki tiger ane lebih dri 5 bulan ye bang? hehehe amiin.. soalnya lumayan sembari nabung buat beli tangki baru 😀 haha
    okeh makasih banyak kakanda bro yusuf atas tipsnya. hehe

    Reply
  10. alexander bimo

    Mau nanya nih broo MY , sy br ambil tiger keluaran 2005 semuanya standar bawaan aslinya,masih kinclong bener,
    kesan pertama sih mantep broo
    Tapi pas sy check setelan rantainya kenceng banget,emang sih g ada suara berisik seperti yg dibilang orang2 tp sy khawatir jangan2 rantainya sengaja distel kenceng buat hilangin suara berisik.
    Nah pertanyaan sy
    1. apakah setelan rantai yg terlalu kencang berbahaya pd saat berkendara
    Atau beresiko mempercepat kerusakan pada gear set atau gimana broo?
    2. Kalau velg bawaan tiger 2005 beda ukuran g sm Tirev , trus paling besar ukuran ban yg bisa digunakan buat velg standar tiger 2005 ukuran berapa bro?
    3.Kalau seandainya sy ganti gear set megapro bagus g sementara bobot saya sekitar 90kg keatas?
    Mohon pencerahannya broo .. .
    Trims sebelumnya

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Dear Bro Bimo

      sama2 badan beruang nih kite hehehe

      iya sih penyakit sitigor yang laen rantainya berisik bener, kalo bro Bimo gak ngalamin kayaknya bener sengaja dikencengin deh setelan rantainya.

      1. Gini bro, dr yang pernah ane baca rantai emang harus disetel jangan terlalu kenceng n jangan terlalu kendor, kalo terlalu kenceng, beban kerja rantai makin berat n resiko gampang putus, kalo terlalu kendor mindah gear jadi ga enak, berisik n bisa copot dr sproket. CMIIW yah

      2. yang jelas si sama2 velg 18inch bro heheh, ukuran lebarnya jelasnya kurang tau persis, mungkin bro yang lain ada yang tau?? kalo setau ane, batas wajar gedein ban dengan velg yang sama tuh 1 tingkat diatas ukuran ban standart, misal nih dr ukuran 3,75 ke 4,00 itu masih ideal, ane sendiri upgrade ukuran ban 1 tingkat diatas ukuran ban standart, soalnya masih pake velg bawaan pabrik.

      3. kalo pengalaman ane dulu katanya kalo bobot kayak kita gini ga rekomen bro ganti gearset megapro, karena takut ga kuat nahan beban berat kita, hehe

      mungkin itu sih dr ane bro, kalo ada yang salah or mau nambahin silakan lho ya.. jawaban ane sih cuma sesuai pengetahuan ama pengalaman ane 🙂

      semoga membantu

      Reply
  11. alexander bimo

    ha ha ha 😀 bener bro tapi kita patut bangga bro MY soale motor Tiger yang segitu berat bobotnya emang dirancang buat bikers sejati,pengendara yang kuat secara fisik,bukan buat pengendara ringkih yang tiap bentar ngeluh soal motor yang ini itu :D,
    Soal suara berisik dan suara mesin kasar kayaknya jadiin nilai+ aja deh bro,sesuai dengan namanya Tiger = Harimau/Macan yang suaranya juga mengaum,menggeram membahana rrrrrrRRoooOAAArrrr 😀 ha ha ha
    Mereka sama aja kayak kita bro,senang dirawat,dimandiin,dibersihin,kalo pagi dibangunin , bukan begitu broo MY ?
    😀 😉 “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ 😉
    Pokoknya TIGER is the best lah

    Reply
  12. alexander bimo

    Minta tolong nih sama agan2 & Bro2 Tiger bikers ,kalau ada oli yg rembes diarea BLOCK atas sekitar leher knalpot itu gejala apa ya ?
    Minta solusinya gan .. .

    Reply
  13. alexander bimo

    Berapaan harga packingnya bro MY ? Trus kalo mau ganti Gear harus sekalian sama rantainya juga ya bro? Katanya sih lumayan mahal apa bener?

    Reply
  14. alexander bimo

    Waduhh broo MY / bro2 yg lain, minta solusinya dong, kenapa motor tiger sy sepertinya cepat sekali panas ya?,trus bunyi kletek..kletek di block mesin sebelah kiri,apa salah pakai oli atau gimana ya bro?
    Ada rekomendasi ga oli yg bagus buat tiger tahun2 lama apaan?
    Trus ada tips g buat supaya tali kopling awet?
    Makasih sebelumnya bro

    Reply
  15. riansyah

    Broh MY gw mau nanya nih,klo harga shockbreaker tiger yg dpn berapaan ye ? Soal’e punya gw bocor yg sebelah kiri. Tiger gw taun 2001.

    Reply
  16. alexander bimo

    Gan ada yg pada tau g cara buat nyetel tenisoner rantai keteng tiger?

    Bro MY kalau boleh minta PIN bbnya / akun twitternya dong

    Trims

    Reply
    1. andrian

      Mngkn stang korek as motor ente sdh mulai aus tuh yg klu klamaan dibiarkan bs menguras oli mesin,sy sdh prnh mnglami…gejalanya persis sm mesin cpt panas&brgtr tp,motor ogah ngacir .ya akhirnya trpksa bongkar mesin…

      Reply
  17. dennis

    Mending ke tempat servis radiator mas kalo mau nambel tangki. Tiger ane juga kemaren nambel ke servis radiator. Ya pas diliat 1puteran udah bolong semua-_- abis kira2 125ribu doang ko .

    Reply
  18. ari

    wah, beneran nih mas bro….ini pagi garasi saya dah bau bensin, ternyta tengki si tigir yg bocor, ga tanggung-tanggung bocornya segede jempol, amblas dah…
    kayaknya honda emang kudu perbaiki kualitas nih, coz ane tanya2 orang bengkel kalo tengk emang honda paling parah, kualitasnya KW nya yamaha…wadoooh

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Coba deh mas, dikerik sekitaran lubangnya, pasti masih ada bolong2 kecil yg laennya, dan ujung2nya kita kudu beli tangki baru #hamsyongtenan

      Semoga next tiger bisa lebih pke deh kualitasnya

      Reply
  19. ferri

    mau tanya bro……gw punya tigi 2003, kl mau ganti gear dan rantai punya mega pro….apa rantainya cukup bro…, gak kependekan..? gmn cara ngakalinnya…..

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Setau gw rantenya juga ikut rante punya mega pro, jd ente belinya emang 1 set, sproket depan belakang plus rantainya.. Tp jgn kuatir harganya jauh lebih murah kok drpd gear set nya sitigor 😀

      Reply
  20. hamdan

    tiger ane warisan dari kakak ane gan
    beli tahun 2008-sekarang
    untuk penyakit tangki alhamdullillah belum terjadi gan sampai sekarang
    untuk rantai sih bawaan x ya apalagi saya jga gemuk @@
    untuk kerusakan mungkin di blok olinya ngerembes dan seal mudah bgt rusak (baru 3 bulan rusak lagi)
    untuk mtor tiger memang 1 hal yang mencengangkan
    sparepartnya nauzubillah,muahal bingits
    lagian untuk rantai 1 set memang 800K karena dah plus gear 😀

    Reply
  21. wawan tonkket

    ane kemaren juga bingung dengan 3 penyakit yg sama,tapi ane dah nemu jurus jitu,tangki bensin ane kasih plingkut dalam n gak bocor lagi dan urusan ger set ane kasi punya GL pro,kalo urusan onderdel ane berburu di pasar loak n bolam ane kasi punya yamaha vicsen,reflektor bulat variasi yg terbuat dari besi kalo kagak bakalan meleleh tu reflektor lampunya gan.

    Reply
  22. Anto

    Buat 3 penyakit tiger di atas, ane udah ngalamin semua tuh gan.. emg bener2 bikin pusing. ane punya tiger dari taon 2007 ampe sekarang, sedangkan tiger ane taon 2005. Terakhir ane ganti gear n tanki tuh sekitar 3 taonan yang lalu. ane bli tanki lewat pihak bengkel sekitar 500 rebuan, trus gear 1 set 600 rebuan, tau dah tuh pihak bengkel beli nye dmn, tp yg pasti bareng baru semua seh, trus ada segel honda nya jg klo gak salah.
    semenjak ganti tanki yang baru, saban 1 ato 2 bulan sekali tuh tanki ane kuras gan ampe kering sekering2nye, khawatir tuh tanki karatan trus bocor lagi gan. Alhamdulillah ampe sekarang blon bocor lg (klo bs jgn sampe dah). Trus untuk rante, sekarang2 ini bermasalah lagi gan, bunyi berissikkk, klo ane ganti pke mega pro yg agan saranin kira2 aman gak ye gan buat ane yg py berat body 85 kiloan?

    Reply
  23. Achmad

    ane pake tiger tahun 2007 masalah tangki belum pernah bocor saat maen ke bengkel temen di kasih saran untuk diberi lapisan dalamnya namanya poksi kalau ndak salah he he masalahnya kalau tangki di full sampai rumah kadang bengsin tumpah lewat tutup tangki.apakah ini efek dari poksi tadi ya om

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Wah kalo itu efek dr lem epoxy sih kurang tau ya bro.. Tp kalo lem epoxy nya kering emang jd kayak ada lapisan tambahan gt sih, tp ane gak tau deh apa itu efek dr dikasi epoxy apa bukan.,

      Mungkin yang lain ada yg bisa bantu?

      Reply
      1. achmad

        bukan lem Om Yoesuf tapi kayak dilapisi cat gitu warnanya abu abu jadi tangki di lepas terus dikeringkan betul,baru lapisan cat itu di masukkan ke tangki terus diputer puter sampai menutup seluruh dalam tangki,tunggu sampai kering beneran baru diulangi proses sampai 3 kali jadi lumayan lama proses hampir seminggu baru kelar.semogaa bisa aweet

  24. riokuswanto

    motorku tiger thun 1997 tangki cat masih ori n nggak bocor mpe skrg. cara tambal tangki bocor mudah and murah, 1 bahan kapas/bubuk arang kayu secukupnya. 2 lem alteko/EPOTEC 1 botol. caranya amplas bagian yang bocor sampai bersih lalu tutup bagian yang bocor dgn kapas tuang alteco tunggu sampe kering, diulang mpe 3 kali. setelah benar benar kering baru di ratakan dengan amplas terus dicat..beres ( NB:dengan catatan tidak terlalu parah banget bocornya maka langkah ini bisa diaplikasikan) semoga dapat membantu BRo-BRo sekalian yang punya masalah kebocoran tangkinya

    Reply
  25. riokuswanto

    buat reihan ganti kable kopling + sulurnya, terus juga ganti karet peredam pada house kopling di bak sebelah kanan mungkin sudah aus dan sering oblak bikin kasar suara motornya

    Reply
  26. Puguh

    Ulasan yg sangat bagus sekali Bro MY, saya pemakai baru tigor 2008 (dapat hibah dari mertua) tangki sih belum bocor (mudah2an jangan deh) rantai emang berisik banget & pindah gigi agak kurang enak dibanding bebek (maklum 9thn pengguna bebek).

    Ijinkan saya bertanya kenapa tigor saya susah di hidupkan dengan engkol di pagi hari ya Bro MY? Pdhal choke sudah saya tarik full, saya sempat baca dipagi hari sebaiknya menyalakan mesin dengan engkol supaya aki tidak tekor sekaligus membuat oli naik melumasi dinding mesin (betulkah?) namun apabila dihidupkan menggunakan electric starter paling 2x pencet dah mau hidup, kira2 menurut pengalaman Bro MY apakah yg harus saya lakukan?

    Salam Satu Hati

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Saya mengalami hal serupa mas, susah nyalain tigor, tapi memang ada artikel yg pernah saya baca bilang kalo ngengkol di pagi hari bisa bikin oli naek dan melumasi area mesin.. Cuman apa yg salah dengan itu n gimana ngatasinnya mungkin ada rekan2 yang lebih tahu drpd saya.. Monggo..

      Reply
      1. Puguh

        Terima kasih atas jawaban Bro MY…. perkenankan saya menyampaikan unek2 lanjutan hehehehehee (semoga nggak bosen ya, Bro MY)

        Suatu pagi saya nggak sengaja mencium bau bensin menyengat ketika hendak memanaskan tigor revo saya, nah jadi langsung terpikir kasus tangki bocor(usia tigor masuk tahun ke enam). Kecurigaan bertambah ketika melihat meteran bensin yg berkurang dengan sendirinya ketika tigor tidak dipakai semalaman (misterius juga kemana hilangnya itu bensin)

        Pada hari yg sama saya sempatkan mampir ke bengkel resmi Honda utk menanyakan harga saat ini tangki tigor revo & dijawab dengan sangat mengejutkan bahwa harga saat ini sudah tembus 1,250jt. Sedikit shock saya lalu menanyakan harga gir set yg udah mulai berisik & dijawab gir set tigor diharga 1,4jt….. lemes deh saya….

        Bro MY saya baca di forum/grup baik di FB maupun jual beli online banyak yg menawarkan tangki ori tigor revo dengan harga yg sangat bersahabat, masih dikisaran angka 500rb-750rb saja. Amankah membeli tangki seken tapi ori ? Ataukah lebih aman mana dengan kita memesan tangki kepada pengrajin tangki yg biasa bikin tangki custom utk motor2 classic ? Saya baca di forum harganya dibawah 500rb.

        Utk gir set mengingat berat “muatan” tigor saya setiap hari rata2 100kg lebih (saya selalu pakai boncengan) jadi amankah apabila saya ganti dengan produk aspira utk tigor yg mana harganya masih dibawah 1jt ?

        Sekian pertanyaan dari saya (maaf kalo saya banyak bertanya) semoga Bro MY tidak bosan2 menjawab rasa keingintauan saya, salam hangat Bro MY & terima kasih banyak atas dijawabnya pertanyaan pertama saya diatas 🙂

  27. ipank

    Your comment is awaiting moderation.

    GAN ANE PUNYA TIGER 2008 . KLO FILTER KARBUNYA D LEPAS ITU GK BERPENGARUH NEGATIP TERHADAP MESIN..?

    Reply
  28. syafii

    Pk bro.. Sya punya tiger th 97 an..
    Body msih lumyan mulus..
    Tp ada msalh sdikit yaitu :
    Pda gas.. (Kadang gas tdk mau kmbali lg stelah di tarik)
    Ada suara kletek” keras dr arah tromol ban belakang.
    Trus pda kopling kurang akurat..
    Gmna y cra myterilkan byar enk wat dpake

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Gas sih biasanya udah karatan mas kabelnya, bisa sih dikasi oli lagi atau yg gampang ya ganti kabel gas nya, bisa juga di sekitar handle gas nya ada yg nyangkut, kl yg lain mungkin rekan lain ada yang mau bantu? Silakan

      Reply
      1. arifin

        Taiger ane th 2008 ampe skrng blom prnah ganti rantai ,klometerx 50000 broo…cman tangki yg kropos sana sini tpi gue akalin pke lem besi setelah kering lapisi lgi dgn lem silicon putih aman n tahan lama ….

  29. faisal

    Gan ane mau nanya berat rangka si tiger brapasi?ane mau tau soalnya mau ane kirim dari jakarta ke kalimantan!

    Reply
      1. sadida

        Bro Mau nanya.. klo gir depan kok bunyi Tek Tek ITU ap yaa bro.. klo buat Jauh Aman ato Enggak.. ?? Posisi Lgi Mudik.. darurat soalnya..

  30. ridha

    sya suka bgt dengan honda tiger 2000, dan punya sya tiger thn 2004, masalah tanki bocor baru sekali ada lg permasalahan di gear belakang tiger yg goyang, sya bawa kebengkel untuk ganti bos gear dan umur’a pun cuma sebentar cuma sampai 5 bln sudah goyang lg, langsung sya ganti bos gear’a kebetula mecanik lumayan cerdas untuk mengatasi gear yg goyang dengan cara, ganti bos gear baru dan di ganjel dengan ring, satu baut gear di ganjel dengan 2 ring semua ada 4 baut jd semua ring berjumlah 8 ring…dan hasil’a cukup memuas kan gear sudah tidak goyang sampai -+ 8bln, mecanik itu menjamin akan panjang umur gear dengan di ganjel pakai ring, dan jng lupa untuk selallu melumasi rantai jng sampai kering jng pke oli bekas pakai lah pelumas rantai…
    insya ALLAH membantu…
    salam honda tiger…

    Reply
  31. fahri salim

    saya dari kota medan dan saya mempunyai honda tiger revo 2008 hitam, connector master sylinder cakram belakang saya rusak, jadi olinya keluar terus karena bocor dan rem belakang tidak bisa berfungsi saya keliling kota mencarinya tidak ada jual,

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Hehehe belum nemu gan,

      Sebenernya HGP pun bukan bikinan AHM, itu bikinan vendor nya AHM, tp emang harus sesuai standart AHM

      Cm pernah baca di motorplus, rantai tiger bs diganti rantai nya traktor yang kode nya 520, katanya sih kualitas sama tp lebih murah.. CMIIW

      Reply
  32. gugum

    kapok punya tiger 2008 hargnya tak sebanding dg kwalitas.rangka miring,tangki bocor,sen patah,rantai molor,kabel kelistrikan terlalu pendek.dijual cuma laku 8juta rugi banyak.

    Reply
  33. jack

    Tromolku puanas mas bro,nyapo yo iku,padahal tak standar q puter ban lancar,bearing baru,tuas udh q kendorin tp ttp aj gt,pusing q

    Reply
  34. ikhsan

    q pnya tiger thn 2005 gan gjala’a brisik di blok sblh kiri sm gear g enk bbgt klo buat jln ky ada yg koclak. klo blh tau hrga gear mega pro brp y gan

    Reply
  35. syukurin

    pakai punya pulsar 180 aja gear belakang sama rantai, gir depan tetep pakai punya siti aja dijamin lumayan awet…harga bisa potongan 50%nya dari pada punya siti ala AHM.

    Reply

Leave a reply to Muhamad Yoesuf Cancel reply