Pemilukada Jawa Timur 2013, Kok Sepi Siih…???

Pemilukada Jawa Timur 2013

Pemilukada Jawa Timur 2013

Hari ini, Kamis 29 Agustus 2013 di seluruh wilayah Jawa Timur diselenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013-2018. Acara yang seharusnya disambut meriah oleh warga Jawa Timur ini malah terlihat sepi-sepi saja di kawasan Malang. Entah karena memang masyarakat yang “males” untuk memeriahkannya atau malah karena kurangnya sosialisasi mengenai acara ini oleh KPUD Jawa Timur.

Jangankan soal visi misi para calon Gubernur dan Wakil Gubernurnya, wong banyak orang terdekat saya di Malang malah bingung, sebenernya kapan sih coblosannya digelar? malah ada yang nanya siapa saja sih peserta Pemilukada Jawa Timur 2013? Nah lhoo, kalo udah seperti ini siapa yang salah ya??

Ayo Nyobos

Ayo Nyobos

Yang menarik adalah kemarin malam, saya sempat nongkrong bareng beberapa petugas pemungutan suara di dekat rumah. Mereka bilang, sejujurnya mereka juga agak kurang semangat dengan Pemilukada kali ini, budget untuk penyelenggaraan dan untuk para panitia tidak selancar dan sebesar gelaran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Malang yang baru beberapa bulan yang lalu diselenggarakan. Contohnya, uang untuk konsumsi panitia sendiri belum cair sampai tadi malam. Belum lagi uang tenda yang pada pagelaran Pilwakot Malang sebelumnya senilai 700,000 Rupiah pada pagelaran Pemilukada ini hanya cair sebesar 200,000 Rupiah saja.

Saya tadi pagi juga sempat bersepeda mengelilingi beberapa kawasan di Kota dan Kabupaten Malang, niatnya sih hanya berolahraga saja, tapi ditengah perjalanan saya juga melihat pagelaran Pemilukada kali ini benar-benar sepi dan tidak semeriah pagelaran Pilwakot Malang sebelumnya. Dan hal ini terjadi merata hampir di seluruh wilayah Malang.

Surat Suara

Surat Suara

Nah kemudian kalau pagelaran Pemilukada Jawa Timur 2013 kali ini seperti itu, apa bisa ya ya acara ini dikatakan sukses? Atau standart kesuksesan Pemilukada hanya dilihat dari jumlah pemilih aktif saja? Entahlah, yang jelas siapapun yang akan menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur kali ini, semoga mereka bisa membawa Jawa Timur dan masyarakatnya menjadi jauh lebih sejahtera dan index kebahagiaan hidup di Jawa Timur nya juga meningkat, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s