Tips dan Trik Memperbaiki Tangki Honda Tiger Yang Bocor

SiTi 2007

SiTi 2007

Melanjutkan tulisan sebelumnya, kali ini saya coba memberikan tips dan trik memperbaiki tangki Honda Tiger yang bocor sesuai pengalaman saya sebelumnya. Penyakit Tiger yang satu ini memang membuat biker pemilik Tiger kesel. Gimana nggak kesel kalau penyakit ini selalu ada di semua line up Tiger mulai awal kemunculannya. Bahkan ada yang nyletuk kalau tangki Tiger itu dibuat AHM dari bahan kaleng susu.

Nah kalau anda juga seorang pemilik Honda Tiger, coba perhatikan deh, kalau Tiger sudah berumur 5 tahun biasanya masalah ini akan muncul. Masalah ini biasanya muncul ketika motor dalam keadaan mati di rumah kemudian muncul bau bahan bakar yang cukup menyengat keluar dari motor. Kalau sudah terjadi seperti ini coba raba bagian tepi bawah tangki secara  merata tanpa harus melepas tangki motor. Kalau di tangan anda ada bercak atau bekas bau bahan bakar bisa dipastikan tangki anda sudah bocor. Dan kalau masih belum yakin, tangki bisa dilepas dan kemudian diperiksa secara lebih teliti, tentunya dengan mengosongkan terlebih dahulu isi tangki.

Setelah tangki dikosongkan dan kemudian dilepas, bersihkan dengan menggunakan kain lap bagian pinggir tangki tepatnya dibagian sambungan lasnya. Setelah dibersihkan, lubang bocor di tangki akan lebih terlihat, dan biasanya kebocoran tangki Tiger dimulai dari area selang bahan bakar yang menuju ke karburator.

Bocooor Bocooor..

Bocooor Bocooor..

Nah setelah lubang bocor sudah terlihat, jangan terburu-buru kemudian dibawa ke tukang tambal tangki (las teter tangki dan radiator). Sebagian orang yang tidak tahu memang biasanya akan segera membawa tangkinya ke tukan las teter untuk ditambal. Efeknya jika terburu-buru dibawa ke tukang las teter, seminggu atau dua minggu kemudian pasti akan muncul kebocoran di tempat yang lain, dan yang lain, dan yang lain lagi dan ujung-ujungnya bakalan kesel dan akhirnya ganti tangki baru.

Setelah ketahuan dimana lokasi bocornya, coba kemudian ambil obeng minus dan kemudian gores bagian tangki disekitar lokasi bocornya. Gores tangki sampai tidak lagi ditemukan ada lubang bocor karena memang biasanya kebocoran tangki itu tidak hanya ada di satu lokasi saja.

Gesek Tangki

Gesek Tangki

Setelah tidak lagi ditemukan lubang bocor pada tangki, anda bisa kemudian bawa tangkinya ke tukang las teter untuk ditambal. Atau menggunakan cara yang saya pakai sebelumnya. Tambal bocornya tangki dengan lem besi atau lem epoxy. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menambal tangki dengan lem epoxy.

Sebelumnya siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, antara lain

  • Lem besi atau lem epoxy merek dextone

    Lem Epoxy Dextone

    Lem Epoxy Dextone

  • Lem super kuat atau orang biasa menyebutya lem korea

    Lem Korea

    Lem Korea

  • Ampelas halus

    Ampelas Halus

    Ampelas Halus

  • Tube bekas lem pvc atau lembaran alumunium tipis

    Tube Isarplas

    Tube Isarplas

Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Bersihkan dengan mengampelas tangki dengan menggunakan ampelas halus.
  2. Setelah dibersihkan, siapkan lembaran alumunium tipis sesuai banyaknya lubang bocor yang ada
  3. Ampelas lembaran alumunium sampai bersih
  4. Tambal lubang bocor tangki dengan menge-lem lembar alumunium yang sudah dibersihkan tadi

    Tutup Lubang Bocor

    Tutup Lubang Bocor

  5. Setelah benar-benar kering dan menempel kuat pada tangki, tutup tambalan tersebut dengan lem epoxy yang sudah dicampur sesuai petunjuk penggunaan lem tersebut
  6. Keringkan tangki sampai lem epoxy benar-benar kering

    Hasil Jadi

    Hasil Jadi

  7. Tangki siap digunakan kembali

Untuk penutup lubang bocor, bahan fiber yang masih beruba serabut juga dapat digunakan untuk mengganti lembaran alumunium. Jangan lupa lakukan langkah-langkah diatas dengan teliti dan sabar karena semakin baik pengerjaan di masing-masing tahapnya, semakin awet tangkinya.

Saya dapat tips ini dari seorang teman yang anggota salah satu Club Honda Tiger di Jakarta, dan alhamdulillah sampai sekarang tangki Tiger saya dapat digunakan secara normal tanpa ada bocor di bagian lain. Testimoni dari biker lain yang juga menggunakan cara ini katanya tangki dapat bertahan sampai lebih dari satu tahun dari proses penambalan ini, yah lumayan kan satu tahun bisa kita gunakan untuk nabung dan beli tangki baru, hehehe.

Semoga bermanfaat

16 thoughts on “Tips dan Trik Memperbaiki Tangki Honda Tiger Yang Bocor

  1. Respati Widodo

    Ganti tangki asli dah mau yang kedua penyakit BOCOR DEKAT DAERAH KERAN BENSIN, ganti aja TANGKI BYSON lebih baik or ganti Motor wae,Gir tak ganti pakai 428 rantai Jupiter Mx & ger belakang juga,maklum karet angkatan juga gampang oblak per 4 bulan jadi pakai teromol Rx King,ntar lama2 tinggal mesin & rangka part lain dr motor lain stang dari Ninja 150, Monosok & standar samping dari Ninja KRR 150, ni body asli Tiger juga dah pecah2 ganti pakai motor apa yach?

    Reply
  2. donny

    makasih gan … berkat artikel ini saia jd dah bisa tambal tangki sendiri … maklum baru punya tirev … smga aja kuat 1 tahun bneran …

    Reply
  3. Agil Rizki R

    Assalamualaikum… Kang.. saya pengen sharing.. Tiger ane yg bocornya yg bocornya bukan tangki kang .. tapi blok mesin kang.. gara2 Rantai kendor.. pas di geber coplok (lepas) rantainya dan kena blok mesin.. hikz.. bocor lah hingga sekarang.. udah pake lem epoksi tetep menetes.. sedih rasanya.. huhu.. tiger ane tahun 96 kang.. jadi kondisinya kena blok mesin kiri setengah. trus blok mesin yg gede setengah.. solusimnya bagaimana yah kang.. apakah di las?? kira2 las apa yg bisa buat nambal blok mesin gitu.. hikz.. hatur nuhun kang sesama Blasteran Malang-priangan…

    Reply
    1. Muhamad Yoesuf Post author

      Aduh kang, punten euy belum pernah sampe kasus separah itu, dan kebetulan sayah juga bukan orang bengkel, coba dilempar lagi ke forum ajah ya kang, sapa tau yg laen ada yg tahu..

      Dear all, mohon bantuan jawab pertanyaan dr kang agil nih..
      Nuhun ah..

      Reply
  4. arda

    Kang punten, saya kurang paham euy step nya.. itu teh di amplas dulu kan tangki nya, terus ditembel lembar alumunium, contohnya kaya gimana ya? Abis itu di lem dextone terakhir di lem pipa kan. gagal paham di tengah nya. Mohon bantuan nya kang, terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s