Guru Favorit

20130903-213559.jpg

Kita yang rata-rata pernah mengenyam pendidikan baik formal maupun informal ini pasti pernah mempunyai seorang atau beberapa orang guru favorit. Beliau yang jadi guru favorit kita ini memang jadi favorit gara-gara beliau ini baik, lucu, cara mengajarnya yang asik atau kreatif atau malah karena beliau galak tapi bisa ngerubah kita jadi baik.

Di jaman SD, Pak Muhammad Rawi walikelas kelas 5 waktu itu bener-bener jadi guru favorit pertama saya. Beliau ini memang guru yang baik, kreatif, dan perhatian terhadap muridnya. Mata pelajaran IPA yang biasanya jadi momok bagi beberapa teman saya, jadi sangat menyenangkan ketika beliau tangani. Saya ingat sekali ketika beliau menjelaskan tentang pelangi, beliau membuat kertas bundar yang diwarnai 7 warna pelangi dan kemudian ditempelkan pada dinamo kecil dan kemudian berputar. Kertas yang tadinya berwarna-warni kemudian terlihat menjadi putih ketika berputar. Cara kreatif seperti ini yang membuat kami mengerti konsep warna pelangi.

Ketika masuk SMP kemudian saya bertemu dengan sosok Pak Syamsul Arifin. Guru mata pelajaran Bahasa Inggris bertubuh gempal ini terlihat tegas cenderung galak jika kita tidak mengenal beliau. Tapi ketika beliau mulai mengajar, terlihat beliau ini asik sekali, mengajar muridnya dengan santai dan terkesan seperti mengajar temannya sendiri. Meskipun santai dalam mengajar tapi kami tetap segan dan sangat menghormati beliau karena sikapnya yang sangat bisa menempatkan diri. Alhamdulillah sampai sekarangpun saya masih cukup sering bertemu dengan beliau dan tidak pernah kenyang dengan nasehat dari beliau.

Di masa SMA saya kembali dipertemukan dengan seorang guru Bahasa Inggris yang kemudian jadi guru favorit saya. Ibu Indrawati namanya. Beliau ini bener-bener jadi sosok Ibu yang ideal bagi kami, atau paling tidak buat saya pribadi. Kebetulan beliau ini walikelas kami di kelas 1. Beliau selalu terlihat akrab dengan para orang tua kami, selalu bisa merangkul kami yang mungkin dinilai bermasalah oleh guru yang lain, dan tentu saja jadi pembimbing yang baik bagi kami tanpa kami harus merasa sungkan buat curhat kepada beliau.

Saya punya sedikit keinginan untuk beliau-beliau itu, saya pengen mereka bisa jadi salah satu tamu istimewa di pernikahan saya, dan berharap beliau-beliau ini mau memberikan wejangan untuk saya di salah satu hari terpenting saya itu. Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan yang baik, rezeki yang luas, dan ilmu yang barokah agar impian kecil saya itu bisa terwujud, amiin. Dan teruntuk semua guru yang sangat berjasa untuk kami, semoga Bapak/Ibu diberikan segala yang terbaik dari Allah SWT dan semoga bisa terus mengajar kami dengan lebih baik lagi, amiin Mohon maaf atas semua kelakuan kami yang mungkin keterlaluan bagi Bapak/Ibu, semoga suatu saat Bapak/Ibu bisa berkata kepada yang lain “lihat, dulu dia adalah murid kesayangan saya.. Dan saya bangga kepadanya..”

Oh iya, kalo misal guru kita seperti yang ada di bawah ini gimana yaa..??? Kalo kata saya sih asyeeek bangeeet!!!😀

2 thoughts on “Guru Favorit

Leave a Reply

