Category Archives: islam

Sang Burung Buta, Pincang dan Tak Bisa Terbang

image

Alkisah suatu hari Imam Ibrahim bin Adham didatangi oleh seorang muridnya yang meminta pamit untuk bekerja mencari rezeki di luar kota. Dan tentu saja Beliau mengijinkannya sambil mendoakannya. Setelah berpamitan dan kemudian memulai perjalannya, sampai di tengah jalan karena merasa lelah si murid kemudian menemukan sebuah rumah kosong yang dia fikir bisa dijadikan tempat istirahat.
Continue reading

Advertisements

Apa Aja Sih Kewajiban Istri Menurut Islam?

1

Waktu itu di sebuah kajian rutin di kediaman Habib Muhsin bin Hamid di kawasan Bumiayu Malang, saya mendengar satu pernyataan yang membuat saya kaget n mungkin bener-bener kaget, gimana nggak, Beliau mengatakan bahwa kewajiban seorang istri hanyalah melayani suaminya untuk urusan syahwat atau berhubungan badan suami istri saja. :O :O :O

Terus gimana donk dengan tugasnya untuk ngurus anak, nyuci, masak deelel.. karena seperti banyak dibilang orang kalau istri itu urusannya (kewajibannya) ya ada di area Dapur, Sumur & Kasur. Nah lho.. Pernyataan itu kemudian tidak diteruskan oleh Beliau, karena memang saat itu yang dibahas bukan mengenai hal tersebut. Continue reading

Biodata Singkat Nabiullah Muhammad SAW

Biodata manusia termulia dijagad raya, semoga kita tidak hanya mencintai Beliau di mulut saja namun juga bisa tahu tentang manusia termulia yang selama ini kita akui kita cintai:

NABI MUHAMMAD SAW

GELAR:
1. Rasulullah,
2. An-Nabi,
3. Khatamul Anbiya wal Mursalin,
3. Al-Mustafa,
4. Al-Amin,
5. Shalallahu alaihi wa Sallam (Salawat dari Allah & salam atasnya)

KUN-YAH: Abal Qasim

NAMA: Muhammad Bin Abdulloh

NASAB:
(Jalur Ayah)
Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qusay bin Kilab bin Murrah bin Luai bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan bin Ismail bin Ibrahim

Nenek dari jalur ayah: fathimah binti amr al makhzumiyah

(Jalur Ibu)
Aminah binti Wahb bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab.

Nenek dari jalur ibu: Barroh binti abdil ‘uzza

NISBAH: Al-Makki (mekah)

LAHIR:
Mekkah, 12 Rabiul Awwal 52 S.H (Tahun gajah) / 22 April 571 M)

DILANTIK MENJADI RASUL: saat berumur 40 tahun saat beribadah di gua hira

HIJRAH KE MADINAH : pada bulan rabiul awal saat berumur 53 tahun

MENJADI PANGLIMA PERANG SEBANYAK : 27 kali dan mengutus pasukan perang sebanyak ± 56 kali

HAJI : 1 kali

UMROH : 4 kali

WAFAT:
Madinah, senin 12 Rabiul Awwal 11 H/ (632 M) (genap 63 tahun).

DIMAKAMKAN:
Di Rumah Aisyah, di kompleks Masjid Nabawi

ETNIS:
Arab, suku Quraisy, bani Hasyimiyah

UMMAHATUL MU’MINIIN (Para Istri Nabi):
1. Khadijah binti Khuwailid,
2. Saudah binti Zum’ah,
3. Aisyah binti Abu Bakar,
4. Hafshah binti Umar,
5. Zaynab binti Khuzaymah,
6. Hindun binti Abi Umayyah,
7. Zaynab binti Jahsy,
8. Juwayriyah binti Harits,
9. Ramlah binti Abu Sufyan,
10.Shafiyah binti Huyay,
11.Maymunah binti al-Harits,
12.Maria binti Syama’un

ANAK-ANAK NABI:
1. Al-Qasim,
2. Abdullah,
3. Zainab,
4. Ruqayyah,
5.Ummu Kultsum,
6. Fathimah, dan
7. Ibrahim

اللهم صل علے سيدنـا وحبيبنـا وشفيعنـا وقرة أعيننـا ومولانـا محمد وعلے آلـہ وصحبـہ وسلم…

Sumber : Group Whatsapp Forum Hikmah asuhan Habib Muhsin Bin Hamid

Indahnya Istri Yang Cerewet

image200905231647

Dikisahkan ada seorang lelaki yang saat itu berlari sangat kencang sangat terburu-buru menuju ke rumah Khalifah Umar bin Khattab RA. Si lelaki ini ingin mengadukan istrinya yang selalu cerewet kepadanya sehingga ia tidak tahan dan berkeinginan mengadukannya kepada Khalifah Umar RA.

Betapa kagetnya ketika lelaki ini ketika tiba di rumah Khalifah Umar RA, belum ia mengetuk pintu dan mengucapkan salam ia mendengar istri Khalifah Umar RA juga sedang mengomeli Khalifah Umar RA, bahkan ternyata istri Khalifah Umar RA lebih cerewet dari istri si lelaki itu, namun Khalifah Umar RA sendiri malah hanya diam tanpa berkata sepatah kata pun. Akhirnya lelaki itu mengurungkan niatnya, batal melaporkan istrinya kepada Khalifah Umar RA.
Continue reading

Pekerja Seks Komersial Yang Laris

Pesona Malang Selatan

Pesona Malang Selatan

Sebuah kisah nyata terjadi di Malang bagian selatan yang indah itu, wilayah dimana ketika kejadian ini terjadi kultur budaya masyarakatnya masih mempercayai hal-hal semacam “aer adem”, “pacul yang akan digunakan di awal musim tanam harus pacul yang sudah didoai” dan hal-hal lain semacamnya.

Continue reading

Mencoba Belajar Dari Kasus Ustadz Solmed

Ustadz Solmed yang mirip alisnya sama kayak @idibnu hehehe :D

Ustadz Solmed yang mirip alisnya sama kayak @idibnu hehehe 😀

Seminggu ini beredar kabar mengenai Ust. Soleh Mahmud atau biasanya dikenal sebagai Ust. Solmed (yang katanya) mematok tarif yang super mahal untuk kegiatan dakwahnya. Belum lagi kabar mengenai (yang sumbernya dari media-media yang lebay) komersialisasi dakwah oleh beberapa Ustadz kondang dari Jakarta. Miris juga sih denger sampai ada berita kayak gini beredar, kesannya kita Umat Muslim itu nggak mampu membiayai juru dakwahnya dan juga juru dakwah kita yang terkesan matre sekali.

Continue reading

Klasifikasi Dosa Menurut Imam Al-Ghazali

sin

Setiap perbuatan kita pasti bernilai, entah itu bernilai ibadah atau bernilai dosa. Hanya ALLAH SWT yang punya hak prerogative menilai perbuatan manusia, namun manusia juga dituntun dan diajarkan oleh ALLAH SWT melalui Al-Quran dan Nabi Muhammad SAW mana-mana perbuatan yang bernilai ibadah dan mana-mana perbuatan yang bernilai dosa. Banyak sekali perbuatan pahala yang bisa kita lakukan dan insyaALLAH kita sudah sering melakukannya (amiin). Sedangkan untuk perbuatan dosa beberapa Ulama’ mempunyai pembahasan tersendirinya, termasuk Imam Al-Ghazali yang pernah menulis mengenai klasifikasi dosa di Kitab Minhajul Abidin karangan Beliau sendiri.

Continue reading